spekmotor. Powered by Blogger.

Pertamina Pertalite: Pengganti Premium dengan Kadar Oktan Lebih Tinggi

Pertamina Pertalite vs Premium vs Pertamax - Kabar terbaru dari PT Pertamina menyebutkan kalau bahan bahan bakar Premium bakal dihapus dan digantikan dengan bahan bakar jenis baru yang diberi nama Pertamina Pertalite. Seperti apakah BBM jenis baru ini?

Sejauh ini, bahan bakar Premium adalah jenis BBM subsidi pemerintah yang memiliki kandungan oktan 88 (Ron88). Menurut informasi dari Direktur Pemasaran & Niaga PT Pertamina, Ahmad Bambang menyebutkan, BBM Pertalite ini sedang dalam tahap ujicoba laboratorium dan mulai dilempar ke pasaran mulai Mei 2015 dengan target awal di pulai Jawa, Bali, dan Madura. Jika ujicoba berhasil, kemungkinan besar Premium plus ini bakal jadi BBM non-subside yang akan menggantikan Premium Ron88 di seluruh Indonesia.

Kualitas Pertamina Pertalite vs Premium vs Pertamax

BBM Pertalite
Pertalite vs Pertamax
 Harga Pertamina Pertalite ini masih didiskusikan. Namun pastinya bakal lebih mahal dari harga Premium yang sekarang ini dibanderol Rp.7400. Dibandingkan dengan BBM jenis Premium, kandungan oktan Pertalite lebih tinggi. Efeknya tarikan pun lebih ringan, pembakaran juga lebih sempurna. Namun, kualitasnya masih dibawah Pertamax92. Kadar oktan BBM Pertalite ada di angka Ron 90 atau 91.

Merujuk pada harga Pertamax di Jabotabek saat ini yang dibanderol Rp. 8600, kemungkinan harga Pertalite ini ada dikisaran Rp. 8000 (masih belum ada bocoran resmi).

Meskipun demikian, PT Pertamina tidak akan menghapus BBM Premium secara langsung. Menurut rencana, jika uji pasar dan kelayakan BBM Pertalite ini berhasil, maka Premium akan benar-benar dihapus pada tahun 2017 yang akan datang.

Demikianlah informasi mengenai Pertamina Pertalite: Pengganti Premium dengan Kadar Oktan Lebih Tinggi. Semoga bermanfaat :-)

Artikel spekmotor lainnya mengenai:

No comments:

Post a Comment