spekmotor. Powered by Blogger.

Tips Irit Bahan Bakar Untuk Semua Jenis Kendaraan (Motor-Mobil)

Tips Irit Bahan Bakar - Dengan semakin melambungnya harga bahan bakar membuat semakin banyak orang mencari motor-motor berbahan bakar efisien. Tak terlepas pula para vendor yang berlomba-lomba menciptakan motor dengan konsumsi bahan bakar seefisien mungkin. Hal ini juga lah yang mematikan era motor 2-tak sejak awal tahun 2000 lalu. Dengan berlakunya regulasi Emisi 2 dan 3 mendorong pabrikan menciptakan motor berteknologi injeksi yang disebut-sebut menggunakan konsumsi bahan bakar yang lebih irit.

Meskipun demikian, hingga saat ini masih banyak konsumen yang tetap mengeluhkan borosnya konsumsi bahan bakar motor yang mereka tunggangi, terutama motor yang masih menggunakan sistem pembakaran karburator konvensional. Borosnya konsumsi bahan bakar memang dipengaruhi oleh banyak hal, seperti kondisi jalan, kondisi / kesehatan motor, maupun cara mengendarai motor. Oleh karena itu, jangan heran kalau sewaktu-waktu anda mendapati informasi konsumsi bahan bakar menurut pabrikan dengan situasi sebenarnya berbeda.

Tips Irit Bahan Bakar Untuk Kendaraan Roda Dua dan Empat

Tips Irit Bahan Bakar
Namun dengan teknik berkendara yang baik, anda dapat menggunakan motor anda dengan konsumsi bahan bakar seefisien mungkin. Menurut Tri Yuswidjajanto, pakar dan peneliti Laboratorium Motor Bakar dan Sistem Propulsi dari ITB, penggunaan konsumsi bahan bakar yang efisien dapat diperoleh dengan menjaga motor agar berada pada batas kecepatan tertentu. Ia memaparkan bahwa pengendara yang menjaga batas kecepatan diantara 40 - 60 km/jam akan mampu mendapatkan hasil paling efisien dalam hal konsumsi bahan bakar. Sama seperti halnya dengan motor, teknik penggunaan bahan bakar efisien juga berlaku untuk mobil. Intinya adalah dengan menjaga RPM pada putaran rendah.

Tips irit bahan bakar yang bisa diupayakan oleh pengguna motor adalah dengan menjaga putaran motor di kisaran 2.500 rpm - 2800 rpm. Dengan menjaga putaran motor pada rpm tersebut, apa pun jenis kendaraan yang digunakan, akan mampu menghasilkan konsumsi bahan bakar yang efisien. Dengan mengetahui batas jelajah tersebut bisa dipastikan pengeluaran isi kantong untuk kebutuhan BBM bisa ditekan.

Demikianlah informasi mengenai Tips Irit Bahan Bakar Untuk Semua Jenis Kendaraan (Motor-Mobil). Semoga bermanfaat :-) 

artikel spekmotor lainnya mengenai:

No comments:

Post a Comment