spekmotor. Powered by Blogger.

Teknologi Honda Injeksi (Fuel Injection) Dan Keunggulannya

Honda Injeksi - Barangkali banyak dari kita yang masih awam seringkali bertanya, Apakah itu motor injeksi? Apa itu teknologi injeksi (Fuel Injection)? Pertanyaan tersebut terlintas pada saat kita ingin membeli motor baru dan mendapati informasi tentang teknologi injeksi. Saat ini memang sebagian besar pabrikan sudah mulai bergeser perlahan (dari sistem pembakaran karburator) menjadi teknologi injeksi. Salah satu pabrikan yang cukup gencar mengganti semua motornya menjadi teknologi injeksi adalah Honda. Pabrikan tersebut juga disebut-sebut sebagai pionir nya motor injeksi pertama yang diluncurkan pada tahun 2005 silam.

Sebelum membahas lebih jauh tentang keunggulan motor injeksi, marilah kita mengenai lebih dahulu pengertian teknologi injeksi. Motor injeksi adalah motor yang proses pembakarannya melalui fuel injector yang kemudian dicampurkan dengan udara dengan takaran yang sempurna sehingga menghasilkan pembakaran yang sempurna dengan tenaga yang maksimal. Untuk teknologi injeksi Honda, disebut juga PGM-FI (Programmed Fuel Injection), dimana proses pembakarannya diprogram secara elektronik dengan bagan yang ditunjukkan seperti gambar dibawah ini. 

Teknologi Injeksi (Honda Injeksi PGM-FI)

Honda Injeksi
Honda Injeksi
Beberapa keunggulan motor berteknologi injeksi antara lain:
  • Proses pembakaran yang lebih sempurna menyebabkan konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit 30%
  • Ramah lingkungan
  • Mesin lebih halus
Penerapan teknologi injeksi sebelumnya memang hanya diterapkan pada motor - motor balap yang kerap turun di arena sirkuit seperti MotoGP dan kelas superbike. Namun, seiring dengan kemajuan teknologi, akhirnya mulai diterapkan juga pada motor harian. Pada tahun 2014 ini, motor injeksi mulai banyak bermunculan, seperti Honda Fino, Yamaha GT125, Xeon RC, dan banyak lagi. Untuk cara kerja teknologi injeksi Yamaha, baca juga ulasannya disini: YMJET-FI, Teknologi Injeksi Yamaha dan Cara Kerjanya

Demikianlah informasi mengenai Teknologi Honda Injeksi (Fuel Injection) Dan Keunggulannya. Semoga bermanfaat :-)

artikel spekmotor lainnya mengenai:

No comments:

Post a Comment