spekmotor. Powered by Blogger.

YMJET-FI, Teknologi Injeksi Yamaha dan Cara Kerjanya

YMJET-FI, Teknologi Injeksi Yamaha dan Cara Kerjanya -  Saat ini, keberadaan motor injeksi, perlahan tapi pasti, sudah mulai menggantikan motor berteknologi karburator konvensional. Hal itu terbukti dari sebagian besar motor varian terbaru dari masing-masing vendor yang mengusung mesin injeksi FI (Fuel Injection). Teknologi injeksi sendiri sebenarnya bukanlah teknologi baru. Sebelum diterapkan pada motor harian, teknologi ini sudah diterapkan pada motor-motor balap yang turun diarena sirkuit. Jika, pabrikan Honda mempunyai teknologi injeksi PGM-FI, ciptaan mereka. Maka, Yamaha juga mempunyai teknologi injeksi sendiri yang mereka sebut dengan YMJET-FI. Bagaimanakah cara kerjanya?

YMJET-FI Teknologi Injeksi Yamaha & Cara Kerjanya

YMJET-FI Teknologi Injeksi Yamaha
YMJET-FI Teknologi Injeksi Yamaha
Cara kerja YMJET-FI, seperti yang dibeberkan oleh Yamaha Indonesia, mampu menghemat konsumsi bahan bakar seefisien mungkin. Salah satu rahasia dari teknologi injeksi Yamaha ini terletak pada saluran udara khusus yang bekerja ketika mesin dihidupkan. Seperti yang mereka jelaskan, saat mesin motor dalam keadaan dingin dan baru dihidupkan, mesin akan lebih bekerja keras yang disebabkan oleh partikel bahan bakar yang masih belum memecah. Saat motor injeksi hidup dan dijalankan, partikel yang masih besar dan belum memecah itu akan menyebabkan konsumsi jadi lebih banyak, sehingga bensin yang diperlukan dan terbuang pun akan lebih banyak jumlahnya. 

Untuk mengakali hal itu, teknologi injeksi Yamaha menempatkan saluran yang ditempatkan secara khusus untuk melewatkan udara. Saat motor dijalankan pada kecepatan rendah, saluran udara ini akan menyatu dengan BBM sehingga udara dan bahan bakar yang menyatu ini akan menjadi kabut. Pada saat itulah, pembakaran akan menjadi lebih maksimal dan menyeluruh. Teknologi injeksi Yamaha ini memang disebutkan mampu mengefisiensikan bahan bakar hingga 70 km per-liter, seperti yang diujikan oleh Yamaha Fino FI mereka. Bagaimana cara kerja teknologi injeksi Honda dengan PGM-FI nya? Baca juga selengkapnya disini:  Teknologi Honda Injeksi (Fuel Injection) Dan Keunggulannya.

Demikianlah informasi mengenai YMJET-FI, Teknologi Injeksi Yamaha dan Cara Kerjanya. Semoga bermanfaat :-)

artikel spekmotor lainnya mengenai:

No comments:

Post a Comment