spekmotor. Powered by Blogger.

Perbandingan Premium vs Pertamax Untuk Motor Injeksi

Perbandingan Premium vs Pertamax Untuk Motor Injeksi - Saat ini hampir semua pabrikan motor di dunia mulai mengaplikasikan teknologi injeksi pada motor mereka, terutama untuk deretan motor terbaru. Bisa jadi, untuk satu dekade mendatang, teknologi injeksi akan menggantikan teknologi karburator konvensional. Pada vendor Honda misalnya, pabrikan asal Jepang itu pernah menyatakan, secara bertahap akan mengganti semua motornya dengan teknologi injeksi. Motor dengan perangkat injeksi memang memiliki banyak keunggulan dibandingkan motor dengan karburator konvensional. Selain ramah lingkungan, mesin injeksi juga mampu menekan konsumsi bahan bakar seminimal mungkin, dan sudah sesuai dengan standar emisi EURO3.

Nah, bagi anda yang sudah memiliki motor injeksi, mungkin bertanya, apakah motor injeksi boleh menggunakan bahan bakar premium? Ataukah harus bahan bakar Pertamax atau yang lainnya dengan kadar oktan tinggi?

Perbandingan Bahan Bakar Premium vs Pertamax Untuk Motor Injeksi

Premium vs Pertamax untuk Motor Injeksi
Premium vs Pertamax untuk Motor Injeksi
Menurut Slamet Kasianon, selaku Supervisor Service & Education Yamaha Indonesia, perbandingan kedua jenis bahan bakar hanya dibedakan pada kandungan oktan. Bahan bakar Pertamax lebih menjamin pembakaran yang sempurna karena zat adiktif didalamnya juga bisa membersihkan kotoran yang masuk. Sedangkan pada bahan bakar Premium, zat pembersih ini ditiadakan.

Pada cara kerja mesin injeksi, peninggalan kotoran yang masih tersisa dapat menimbulkan penyumbatan. Namun, bukan berarti motor bermesin injeksi memusuhi jenis bahan bakar premium, selama bahan bakar premium tersebut tidak terkontaminasi. Hal tersebut bisa diketahui jika mesin motor injeksi seperti ngelitik saat dijalankan. Selain itu, juga disebutkan olehnya, seringkali didapati mesin motor yang tertimbun kerak karbon. Hal itu tidak selalu disebabkan oleh kualitas bensin, tetapi juga dipengaruhi oleh perawatan,cara pemakaian, dan cara menyimpan motor.

Pemakaian motor injeksi dengan kecepatan yang terlalu lambat juga memicu penimbunan karbon apabila dibandingkan dengan mereka yang memicu motor injeksi dengan kecepatan sedang apalagi cepat. Perbandingan premium dan pertamax lainnya juga terdapat pada suhu masing-masing bahan bakar. Bahan bakar premium memiliki suhu yang lebih dingin, sehingga tidak cocok untuk dipakai pelan. Sehingga bisa disimpulkan, untuk pembakaran memang lebih sempurna pertamax, namun bukan berarti bahan bakar premium juga tidak bisa digunakan untuk motor bermesin injeksi, asalkan bahan bakar premium tersebut masih murni dan tidak terkontaminasi oleh debu dan lainnya.

Demikianlah informasi mengenai Perbandingan Premium vs Pertamax Untuk Motor Injeksi. Semoga bermanfaat :-)

artikel spekmotor lainnya mengenai:

No comments:

Post a Comment