spekmotor. Powered by Blogger.

Menjajal Octane Booster aka Cairan Penambah Oktan Bensin

Menjajal Octane Booster aka Cairan Penambah Oktan Bensin - Dengan semakin melonjaknya harga bahan bakar minyak (BBM), beberapa cara alternatif pun semakin bermunculan akhir-akhir ini. Jika sebelumnya, pengguna motor cukup banyak yang mencampurkan bahan bakar Premium dengan Pertamax agar lebih irit, kini, banyak juga yang mulai mencampurkan bahan bakar Premium dengan octane booster atau cairan penambah oktan untuk menambah kadar RON bahan bakar.

Melirik nilai RON (Research Octane Number) bahan bakar paling umum yang beredar saat ini terbagi jadi 3, antara lain: Premium (RON88), Pertamax (RON92), dan Pertamax+ (RON95). Semakin besar nilai RON pada bahan bakar, semakin sempurna juga pembakaran pada dapur pacu mesin yang berujung pada peningkatan kinerja mesin. Kebutuhan bahan bakar beroktan tinggi mutlak diperlukan untuk mengimbangi kapasitas cc mesin. Umumnya, kendaraan dengan kompresi mulai 1:10 dan 1:11 wajib menggunakan Pertamax dan Pertamax+, sedangkan untuk kompresi dibawah itu, Premium masih bisa mengimbangi.
Cairan Penambah Oktan
Cairan penambah oktan (Octane Booster) sendiri dibuat untuk meningkatkan nilai RON bahan bakar. Umumnya, hanya memerlukan beberapa tetes saja untuk mengubah oktan bahan bakar Premium menjadi setara Pertamax. Ada banyak sekali produk octane booster yang beredar di Indonesia saat ini. 2 merek yang pernah penulis coba adalah: JapanEnergy dan Norival.

Bagaimana keefektifan penggunaan cairan octane booster aka cairan penambah oktan BBM ini?

Review Menggunakan Octane Booster atau Cairan Penambah Oktan Bensin

Sebelumnya, kami ingin menulis beberapa manfaat menggunakan cairan peningkat kadar oktan (octane booster), sesuai dengan yang disebutkan di label kemasan produk, antara lain:
  1. Menambah power dan torsi mesin.
  2. Mengatasi 'knocking' atau berebet pada mesin.
  3. Menghaluskan suara mesin.
  4. Mengurangi konsumsi BBM 20-40%
  5. Menyempurnakan pembakaran & mencegah kerak mesin.
Pengujian pertama penulis lakukan dengan motor bebek Kawasaki Athlete (125cc) yang memiliki kompresi 1:9,7.  Sesuai dengan anjuran dalam kemasan untuk mencampurkan 2 tetes octane booster yang dicampurkan ke dalam 1 liter BBM Premium. (4 tetes / liter untuk merek Japan Energy)

Setelah dibiarkan selama kurang lebih 1 menit, coba menghidupkan mesin, suara mesin memang terasa lebih adem dan tenang. Penasaran dengan performanya, kami coba jalankan motor perlahan dan berurutan dari kecepatan 0 hingga 90 km. Perbedaan performa memang lumayan terasa. Karakter motor Athlete yang lemot di gigi 1-2 pun terasa lebih bertenaga. Jika sebelumnya, getaran mesin lumayan berasa saat kecepatan menyentuh 70 km/jam, kali ini, hingga kilometer menyentuh angka 90 km/jam, getaran masih tidak terlalu berasa. Belum dicoba hingga mentok di top speed 120 km/jam.

Berikutnya adalah menguji konsumsi BBM. Seperti yang disebutkan, penggunaan cairan penambah oktan (octane booster) bisa menghemat konsumsi BBM hingga 20-40%. Untuk pengujian kali ini, 1 liter bahan bakar Premium didapati menempuh 40 km/jam. Masih sama seperti sebelum mencampurkan cairan penambah oktan (octane booster). Penasaran dengan konsumsi BBM, kami  coba isi lagi 1 liter BBM dengan mencampurkan 2 tetes octane booster keesokan harinya. Hasilnya, masih tetap 40 liter untuk 1 liter BBM.

Jadi, kesimpulannya, untuk poin 1-3 yang diklaim oleh produsen pembuat octane booster memang bisa dibuktikan. Fungsi cairan penambah oktan / octane booster terbukti bisa menambah tenaga, menghaluskan suara mesin, dan mengatasi knocking atau ketukan pada mesin akibat masalah pada pembakaran. Sedangkan untuk poin no.4, konsumsi BBM masih tidak berubah.

Berdasarkan review yang pernah ditulis oleh Motorplus dengan pengujian alat Dynotest, efek penggunaan cairan penambah oktan terbukti menambah power motor rata-rata sebesar 0,4 Hp.

Lalu bagaimana dengan poin no.5? Cairan penambah oktan dapat mengikis korosi dan menyingkirkan kerak. Pada sertifikasi dan uji coba yang dilakukan oleh Departemen Migas memang menunjukkan adanya pengurangan korosi dan kerak setelah menggunakan octane booster.

Penggunaan octane booster bisa jadi alternatif bagi yang ingin isi bahan bakar Pertamax dengan isi kantong pas-pasan.
Cairan Penambah Oktan Octane Booster
Bagaimana? tertarik untuk mencoba cairan penambah oktan ini?

Demikianlah informasi mengenai  Menjajal Octane Booster aka Cairan Penambah Oktan Bensin. Semoga bermanfaat :-)

artikel spekmotor lainnya mengenai:

No comments:

Post a Comment