spekmotor. Powered by Blogger.

Teknologi eSP Honda Bakal Diterapkan di Semua Skutik 2015

Teknologi eSP Honda - Ada yang menarik di pameran IMOS 2014. Jika Yamaha gencar mempresentasikan teknologi blue core nya dengan begitu 'wah!' Tepat di sebelah booth Yamaha, sang kompetitor Honda juga tak mau kalah dengan ikut memamerkan seperangkat mesin dengan teknologi terbaru yang mereka namakan teknologi eSP. Seperti apakah teknologi Honda terbaru ini?

Sesuai dengan pernyataan dari presiden Honda Racing Corporation (HRC), Yoshihige Nomura, di tahun 2015 mendatang, semua skutik Honda bakal menerapkan mesin canggih ini.

ESP (Enhanced Smart Power) sebenarnya sudah dikenal sejak beberapa tahun silam di jenis motor matic luar negeri. Di dalam negeri baru Vario Techno 125 dan PCX 150 yang sudah mengaplikasikan teknologi ini.

Teknologi eSP Honda dan Keunggulannya

teknologi mesin eSP Honda
keunggulan teknologi eSP Honda
Menurut presentasi singkat dari pihak AHM, keunggulan teknologi eSP Honda ini terbagi jadi 10 macam, antara lain:

ACG Starter - Fitur ini memungkinkan skutik dinyalakan dengan suara yang sangat halus bahkan tidak terdengar

Injector - Sistem injeksi pada teknologi eSP Honda juga memungkinkan penyemprotan bahan bakar jadi lebih halus dibanding injeksi umumnya.

Rocker Arm - Gesekan rocker arm pada mesin eSP menjadi lebih minim dengan diaplikasikannya roller dengan ukuran lebih kecil.

Offset Cylinder & Spinny Sleeves berfungsi untuk menyempurnakan kerja piston dan meminimalisir gesekan piston dengan dinding silinder. Fungsi kedua sekaligus berfungsi sebagai penyalur panas dengan lebih cepat.

Cooling System - Sistem pendingin pada mesin teknologi eSP Honda yang mengunakan jenis cair disempurnakan kinerjanya. Baik di bagian radiator, maupun jalur-jalur airnya.

Piston & Crankshaft - Aplikasi piston yang dipakai pada mesin eSP juga lebih ringan dengan bantuan crankshaft yang lebih kuat.

Compact Combustion Chamber - Fungsi ini bekerja untuk memperlancar saluran masuk BBM dan sistem pengkabutannya.

Breathe Passage - Fungsi ini membantu saluran pendingin melalui ventilasi kecil untuk melepas panas dengan lebih cepat. Dalam hal ini mesin ber teknologi eSP Honda lebih bisa bekerja dengan suhu yang lebih dingin.

V-Matic - Rasio transmisi mesin eSP lebih lebar dengan jenis belt yang lebih elastik sehingga daya tahannya lebih kuat dan anti slip.

Transmisi
- Teknologi mesin eSP merupakn penyempurnaan dari jenis CVT sehingga kinerjanya lebih enteng, halus, dan minim getaran.

Nah, itulah beberapa keunggulan Teknologi eSP Honda Bakal Diterapkan di Semua Skutik 2015. Semoga bermanfaat :-)

Artikel spekmotor lainnya mengenai:

No comments:

Post a Comment