spekmotor. Powered by Blogger.

Test Ride Pertama All New Honda CBR 250 [Review]

Test Ride Pertama All New Honda CBR 250 [Review] - Sebagai ikon motor Honda, motor CBR mempunyai penggemar yang meluas. Apalagi setelah punahnya Honda NSR si raja moge 2-tak pada awal tahun 2000-an, praktis hanya menyisakan Honda CBR saja sebagai ikon moge sport fairing yang dimiliki Honda saat ini.

Di Indonesia sendiri, ada 2 jenis Honda CBR yang beredar, yaitu CBR 150 dan 250. Pihak Honda sendiri berencana meluncurkan 2 varian terbaru dari masing-masing motor pada tahun 2014 ini. Salah satunya yang meluncur lebih dulu adalah CBR 250 yang diberi nama All New Honda CBR 250 'Dual Keen Eyes'. Untuk fitur dan keunggulan motor ini bisa membaca artikel sebelumnya: All New Honda CBR 250 2014: Perubahan Total Konsep

Test Ride All New Honda CBR 250 & Impresi Pertama

Test Ride All New Honda CBR 250
Test Ride All New Honda CBR 250 (image: otomotifnet.com)
Melirik tampilan All New Honda CBR 250, desain motor memang berbeda cukup signifikan, seperti di sektor lampu depan, fairing, airduct, knalpot, spion, kaliper rem dan dimensi motor.

Berfokus pada fungsi rem depan. Rem ABS All New Honda CBR 250 versi terbaru 2014 ini menggunakan 2 kepala piston. Berbeda dengan versi sebelumnya yang memakai 3 kepala piston. Pengurangan jumlah kaliper piston ini diklaim memberikan rem yang lebih ringan juga meminimalisir kemacetan pada kaliper yang mungkin terjadi seiring dengan usia motor.

Sesuai dengan namanya, 'Dual Keen Eyes', konsep batok lampu memang mengadopsi tampilan dari CBR 1000R dengan model split lamp dengan bohlam H7 yang terang. Untuk lampu depan -menyesuaikan regulasi di Indonesia- akan menyala otomatis saat mesin dihidupkan. Belakangan ini memang cukup banyak sepeda motor yang mengusung konsep seperti ini.

Menjajal ergonomi motor, khas Honda CBR, nampaknya tidak terlalu berbeda dengan versi sebelumnya, yang posisinya semi merunduk. Ergonomi motor tidak membuat pegal dan cocok untuk dibawa jarak jauh. Belum lagi dengan adanya perubahan pada desain jok membuat pantat semakin nyaman menyemplak di atas motor. Untuk tangki bahan bakar memang terasa agak tinggi, khas motor sport.

Mencoba menyalakan mesin, suara jeroan Honda CBR 250 memang cukup ramah dan nyaman ditelinga. Perpindahan perseneling juga lebih halus dan ringan dengan penggunaan kopling model judder spring.

Seperti halnya tampilan motor, sektor jeroan mesin pun ikut diupgrade. Diantaranya pada sektor piston, rocker arm, crankshaft, rasio gir, klep, dll. Hasilnya performa All New Honda CBR 250 terasa lebih bertenaga dan halus. Power mesin meningkat hampir 2 Hp dari Honda CBR 250 versi sebelumnya, yang maksimalnya menghasilkan power 26,82 hp menjadi 28,16 hp.

Untuk nafas mesin dan jarak antar gigi memang menjadi lebih pendek dan rapat. Tapi, akselerasi dan tarikan mesin menjadi lebih responsif. Untuk top speednya? Silakan jajal sendiri, bro! 

Demikianlah informasi mengenai Test Ride Pertama All New Honda CBR 250 [Review]. Semoga bermanfaat :-)

artikel spekmotor lainnya mengenai: 

No comments:

Post a Comment