spekmotor. Powered by Blogger.

Tips Membeli Motor Bekas Second Yang Perlu Diteliti

Tips Membeli Motor Bekas Second Yang Perlu Diteliti - Motor bekas atau seken memang banyak diminati. Tak heran kalau jumlah pasar motor bekas semakin hari semakin bertambah. Bila kita amati pemilik dealer motor bekas, jangan heran kalau penjualan mereka tak kalah dengan penjualan yang dicatatkan oleh dealer motor baru. Setidaknya ada 2 alasan mengapa banyak orang yang memilih motor bekas ketimbang baru. Pertama, karena alasan budjet yang terbatas. Kedua, karena hobi gonta-ganti motor.

Namun, untuk membeli motor bekas atau second memang terkadang untung-untungan.Karena kita tidak mengetahui sejarah kondisi motor tersebut saat masih ditangan pemilik sebelumnya. Nah, melalui tulisan ini, setidaknya sobat bisa meminimalisir resiko saat ingin membeli motor bekas. 

Tips Membeli Motor Bekas second Yang Penting Diperhatikan

Tips Membeli Motor Bekas
Tips Membeli Motor Bekas
Budget - Sebelum membeli motor bekas, hal pertama yang harus dipertimbangkan (tentu saja) adalah dana yang tersedia. Dari budjet yang ada, baru dapat ditentukan motor jenis apakah yang sesuai dengan budjet. Misalnya budjet setara motor skutik. Selanjutnya anda tinggal menentukan jenis skutik apa yang ingin anda beli.

Harga Motor Bekas - Tips membeli motor bekas yang kedua adalah mengenali pasaran harga motor second. Biasanya motor yang usia pemakaiannya 3 tahun, harga pasaran motor adalah sekitar 30-35% dari harga baru, atau tergantung kondisi motor. Bagi anda yang berencana membeli motor bekas, ada baiknya agar melakukan studi banding harga terlebih dahulu di 2 atau 3 tempat, atau mengeceknya terlebih dahulu di pasar jual beli di internet.

Cek Kondisi Motor - Bila anda sudah memutuskan akan membeli motor tersebut, pastikan agar semua fitur di panel bekerja dengan baik, seperti: klakson, lampu seins depan-belakang, lampu depan, lampu jauh, lampu belakang, tutup cover kunci magnetik (tergantung motor), kondisi rem depan, belakang, kelancaran persneling gigi, dan kondisi mesin. 

Cek Kondisi Mesin - Khusus untuk mengecek kondisi mesin, bisa diketahui dari suara motor. Jika suara motor terdengar kasar dan tidak wajar, berhati-hatilah, karena hal tersebut menandakan kondisi mesin yang sudah tidak sehat. Bisa jadi, motor tersebut sudah pernah mengalami turun mesin, kecelakaan berat, atau bekas modifikasi. Yang seperti ini, adalah resiko pembeli jika memutuskan tetap ingin membelinya. Selain itu, perhatikan juga permukaan mesin, blok mesin, dan sekitarnya, apakah dalam kondisi kering atau basah. Jika ada bocoran oli, juga menandakan kondisi motor bekas tersebut ada masalah kebocoran.

Cek Kelengkapan Surat - Tips membeli motor bekas terakhir adalah pastikan agar semua surat dalam keadaan lengkap dan memastikan agar informasi dalam surat sama persis dengan motor yang akan dibeli, seperti no.mesin dan no.plat. Jangan sampai kelak motor yang dibeli dianggap motor curian.

Nah, demikianlah 4 tips membeli motor bekas atau second. Salah satu keuntungan dari membeli motor bekas seken adalah harga jual kembali yang tidak terlalu merugi. Jadi, jika anda mendapati motor yang anda beli tidak sesuai dengan yang diharapkan, anda bisa segera jual kembali motor tersebut dengan hanya sedikit kerugian (atau bahkan dengan harga yang sama) dibandingkan dengan menjual motor baru. 

Semoga tips diatas berguna :-)

artikel spekmotor lainnya mengenai:

4 comments:

Unknown said...

Situs Jual-Beli Mobil/Motor Bekas: Barang Istimewa, Harga Mantap!

Lagi cari kendaraan? Atau lagi bingung cari cara jual kendaraan? Segera kunjungi www.mega-oto.co.id. Situs jual-beli motor/mobil baru dan bekas. Bisa Cari/Beli, Bisa Jual, Bisa Pesan. PASANG IKLAN GRATIS!

MAU KE MEGA OTO: KLIK DI SINI

Aswan Blogger said...

Bener sekali penting memilih kendaraan tepat untuk kita pakai. Referensi lain untuk sobat tips membeli kendaraan bekas

onet said...

link :
http://pinjamanuangbpkbmobildepok.blogspot.com/2014/06/tempat-gadai-bpkb-mobil-atau-motor.html

Anonymous said...

thx untuk artikelnya gan, numpang promo juga gan ,
www.PasarQQ.com - pusatnya pemain POker dan DominoQQ online bermain. dengan server TERBAIK, TERCEPAT, TER'AMAN, dan PALING RAMAI!!! PasarQQ.com adalah tempat paling tepat bagi anda pecinta judi poker dan dominoQQ online untuk bermain. berikut adalah kelebihan yang membuat anda nyaman bermain di pasarQQ.com :

• Bonus Freechip Rp. 5.000 dengan minimal deposit Rp. 25.000
• BONUS CASHBACK 0.2% SETIAP MINGGU
• BONUS REFERRAL 15% SEUMUR HIDUP
• DAPAT DIMAINKAN DI ANDROID, IPHONE, DAN IPAD.

Minat?? ayoo segera daftar...

DAFTAR : http://www.pasarqq.com

Contact US

BBM : 5154C562
YM : PasarQQ_CS
FB : Pasar QQ
wechat : pasarQQ
Line : pasarQQ
Tlp : +85585566583

Post a Comment