spekmotor. Powered by Blogger.

Motor Listrik TDR Tunda Peluncuran di Indonesia. Mengapa?

Motor Listrik TDR Tunda Peluncuran di Indonesia - Kehadiran motor listrik nampaknya mulai menjamur sedikit demi sedikit. Dimulai dari Kiwami,  EFM-mu, dan beberapa varian motor Eropa lainnya. Teknologi motor listrik memang diperkirakan akan dapat menggantikan keberadaan motor bahan bakar konvensional, meskipun hal tersebut mungkin memerlukan proses yang panjang mengingat harga yang ditawarkan oleh motor listrik masih terlampau tinggi. Bisa dimaklumi mengingat teknologi motor listrik masih baru dan belum meluas. Barangkali sobat sekalian sempat berpikir akankah motor listrik masuk ke Indonesia? 

Jawabannya adalah mungkin, bahkan sudah! Sebenarnya beberapa tahun silam, sudah ada varian motor listrik buatan China yang beredar di Indonesia dengan kapasitas setara mesin 50cc motor bahan bakar. Namun, penjualan tersebut dinilai tidak terlalu sukses karena minimnya sales and support, juga performa mesin dan desain motor yang dianggap ‘payah’. Selain itu, motor listrik hanya bersifat ‘motor komplek’ yang tak bisa dibawa berkendara ke jalan raya karena tak adanya regulasi  pemerintah secara resmi mengenai motor ini.

Nah, pada tahun 2012 silam, tepatnya pada ajang Motorcycle Show di Jakarta, perusahaan TDR International sempat memamerkan sepeda motor listriknya. Ide untuk memasarkan motor listrik tersebut sempat terbersit oleh pihak mereka. Motor Listrik TDR adalah kolaborasi motor buatan perusahaan otomotif Australia dan Amerika Serikat. Perusahaan ini sudah berpengalaman dalam membuat mesin mobil bertipe v8 atau kelas supersport.

Sekilas mengenai motor listrik TDR, didesain menggunakan mesin bertenaga baterai Z-Force buatan Li-on Intelligent power pack serta bekerja sesistem dengan double-stator axial flux permanent magnet. Motor listrik TDR ini menggunakan air cooler sebagai pendingin mesin. Baterai Z-Force pada motor listrik TDR dalam kondisi penuh 100% dapat menempuh perjalanan sejauh 220 km! Atau setara dengan 6-7 liter bahan bakar motor injeksi 150cc. Namun, tentunya akan lebih efisien motor listrik mengingat pemilik tak perlu lagi membeli bahan bakar yang semakin hari semakin melambung harganya.

Motor Listrik TDR Batal Meluncur di Indonesia

Motor Listrik TDR
salah satu Motor Listrik TDR

Meskipun pihak TDR Motor melihat potensi pasar yang besar di Indonesia, namun nampaknya mereka harus mengurungkan niatnya, atau minimal mundur sementara dari rencana mereka meluncurkan motor listrik TDR mereka karena sulitnya mendapat status STNK dari pihak kepolisian. Selama ini regulasi yang diujikan dan berlaku di tanah air memang baru motor berbahan bakar konvensional. Untuk motor listrik perlu ada studi kaji lebih lanjut, dan hal itu belum dilakukan di Indonesia. 

Motor listrik TDR sendiri boleh dikatakan sebagai motor listrik yang dirancang dengan kecepatannya setara dengan motor berbahan bakar konvensional. Tidak seperti motor listrik yang beredar sebelumnya yang kecepatan rata-ratanya hanya setara dengan kecepatan sepeda ontel. Ada beberapa varian yang dimunculkan oleh TDR, meliputi motor bergaya skutik, hingga sport. Nah, kita harapkan saja agar regulasi pemerintah mengenai izin peluncuran sepeda motor listrik bisa segera dikeluarkan. 

Demikianlah informasi mengenai Motor Listrik TDR Tunda Peluncuran di Indonesia. Semoga bermanfaat :-)

artikel spekmotor lainnya mengenai:

No comments:

Post a Comment