spekmotor. Powered by Blogger.

EFM Mu: Motor Listrik Bergaya Sport Telah Meluncur

EFM Mu: Motor Listrik Bergaya Sport Telah Meluncur - Dengan semakin melambungnya bahan bakar dan minyak dunia, bisa jadi dalam beberapa dekade kedepan, teknologi mobil maupun motor listrik akan mengambil alih teknologi bahan bakar yang digunakan saat ini. Keberadaan motor listrik sebenarnya sudah terealisasi sejak beberapa tahun silam. Hanya saja penggunaan motor ini masih belum meluas dan tak mampu menarik minat pengguna motor. Selain teknologi yang masih terbilang ujicoba, performa yang diusung oleh motor listrik juga terbilang pas-pasan alias lemot.

Nah, bicara soal teknologi motor listrik generasi terbaru, salah satu vendor asal China baru saja menelurkan motor sport listrik yang diberi nama EFM Mu. Sekilas, besutan keluaran vendor otomotif  ElectroForce Motorcycles  tersebut mirip seperti klonengan motor legendaris milik Honda, yaitu CBR 250. EFM Mu sudah mengusung teknologi full listrik yang jelas jauh lebih ramah lingkungan karena tak lagi menggunakan pembakaran, jadi motor listrik tak lagi menggunakan kapasitas cc sebagai patokan performa mesin. 

Motor Listrik EFM Mu 2014

Motor Listrik EFM Mu
Motor Listrik EFM Mu 
Motor listrik EFM Mu didesain seperti layaknya motor sport fairing, lengkap dengan cakram lebar depan-belakang. Sistem pengereman motor beraliran 72 volt ini memakai teknologi regenerative braking, clutchless dan direct drive. Motor listrik ini menggunakan kekuatan baterai yang terletak dibalik cover depan. Selain itu, baterai cadangan juga disediakan jika energi utama menipis. 

Untuk sektor dapur pacu, motor listrik memang tidak bisa dibandingkan dengan performa motor bermesin cc yang menggunakan bahan bakar konvensional. Kecepatan motor listrik EFM Mu ini bergantung pada kapasitas dan besaran daya baterai yang tersedia, antara lain 11dk, 15dk, hingga 20dk. Jadi meskipun berpenampilan garang ala motor 250cc, tapi performa motor listrik ini hanya setara motor berkapasitas 110-150cc. Power tertinggi didapat pada EFM Mu dengan daya 20dk yang kecepatannya mengimbagi motor kelas 200cc. 

Menurut sumber terpercaya, kecepatan maksimal motor listrik EFM Mu ini hanya mentok dikisaran 115 - 120 km/h. Memang terbilang lamban, tapi masih cukup layak untuk kelas motor harian yang tak terlalu memerlukan kecepatan tinggi. Hal unik lainnya yang membedakan motor listrik dengan motor konvensional adalah tidak terdapatnya knalpot. Vendor EFM sendiri juga memproduksi aneka sparepart dan aksesori untuk motor yang dibanderol dengan harga 52 juta ini. 

Bagaimana? tertarik untuk memiliki motor ini? Untuk peluncuran perdana, EFM Mu baru dipasarkan di Eropa dan Amerika Utara. Bagi yang berminat, kita harap saja bisa masuk juga ke Asia dan Indonesia.

Demikianlah informasi mengenai EFM Mu: Motor Listrik Bergaya Sport Telah Meluncur. Semoga bermanfaat :-)

artikel spekmotor lainnya mengenai:



No comments:

Post a Comment