spekmotor. Powered by Blogger.

Motor Lamborghini Satu-Satunya Yang Pernah Diproduksi

Motor Lamborghini Satu-Satunya Yang Pernah Diproduksi - Lamborgini adalah pabrikan otomotif terkemuka di dunia. Barangkali, selama ini kita hanya mengenalnya sebagai produsen otomotif roda empat. Namun, siapa sangka, ternyata mereka pernah memproduksi sepeda motor bergenre superbike pada tahun 80-an, dan menjadi motor Lamborghini satu-satunya yang pernah diproduksi!

Keputusan Lamborghini 'mencoba-coba' industri sepeda motor tak terlepas dari krisis keuangan yang pernah mereka hadapi pada tahun 1978. Hal yang cukup mengejutkan pada waktu itu, mereka ingin mencoba memanfaatkan teknologi canggih yang mereka terapkan pada mobil mereka pada kendaraan lain, seperti perahu boat dan sepeda motor.

Motor Lamborghini satu-satunya ini diberi nama 'Lamborghini Design of 1986' yang berkonsep moge full fairing. Konsep motor Lamborghini ini diarsiteki oleh Claude Fior (perancang Fior500) dan Thierry Henriette, seorang desainer handal asal Perancis yang memiliki reputasi handal di bidang motor-motor sport di Eropa hingga sekarang.

Uniknya, motor Lamborghini satu-satunya ini justru mengadopsi jeroan mesin kepunyaan Kawasaki RX-1000. (sekarang ZX).

Di sektor jeroan sasis, motor Lamborghini Design of 1986 memakai rangka alumunium canggih pada masa itu. Teknologi pengereman model double cakram juga memakai piston berbahan kadmium.

Motor Lamborghini Design of 1986 cuma diproduksi 40 unit saja di seluruh dunia. Dan pastinya, pabrikan asal Italia tersebut tidak melanjutkan proyek mereka lagi di industri sepeda motor hingga saat ini. Seperti yang kita ketahui, popularitas mereka di industri supercar memang sangat mentereng sampai sekarang dengan nama-nama besar seperti Lamborghini Galardo, Murchielago, Reventon, Superlegerra, dll.

Motor Lamborghini Satu-Satunya: 'Lamborghini Design of 1986'

Motor Lamborghini
Motor Lamborghini
Lamborghini Design of 1986
Motor Superbike Lamborghini
Motor Superbike Lamborghini
Nah, kira-kira, masih ada berapa unit lagi ya, motor Lamborghini Design of 1986 yang masih tersisa di tangan para kolektor hingga hari ini?

Demikianlah informasi mengenai Motor Lamborghini Satu-Satunya Yang Pernah Diproduksi. Semoga bermanfaat :-)

artikel spekmotor lain mengenai:

No comments:

Post a Comment