spekmotor. Powered by Blogger.

Cara Setting ECU Yamaha R15 Dengan Android

Cara Setting ECU Yamaha R15 Dengan Android - Seperti yang telah dibahas sebelumnya, salah satu fitur canggih Yamaha R15 adalah perangkat ECU yang bisa dipasang terpisah. Fungsi ECU (Engine Control Unit) bekerja sebagai powerkit untuk menambah performa Yamaha R15 secara elektronik tanpa harus susah payah atau bahkan mengerti seluk beluk mesin sekalipun. Cukup beberapa klik saja, performa motor langsung berubah. Perangkat ECU ini bisa ditambahkan dengan merogoh kocek tambahan sebesar Rp. 1,5 juta di bengkel resmi Yamaha.

Mengenal lebih dalam perangkat ECU Daytona milik Yamaha R15 ini, bentuk fisiknya kecil saja, berupa kotak kecil yang dipasangkan pada mesin motor. ECU ini akan terhubung langsung dengan aplikasi / software bernama 'Daytona Power Pack Ecu Tuner' yang bisa diinstal di smartphone anda. Perangkat ini bisa mengubah karakter motor sesuai dengan kebutuhan. Ada 3 macam tuning atau setelan yang tersedia, antara lain EZ (quick tuning), Sport (fine tuning) dan Sport (competition tuning). Ketiganya mempengaruhi performa Yamaha R15 saat dikendarai sesuai dengan kebutuhannya masing-masing, seperti settingan ringan, settingan bertenaga, dan settingan balap.

Mengenal Jenis Settingan ECU Pada Yamaha R15

Untuk settingan ECU Yamaha R15 terbagi jadi 3 settingan utama, dan secara keseluruhan ada 6 settingan, antara lain: Default, ECO, Lite, Power, Sport dan Racing. Mari kita bahas satu persatu:

Default - Settingan standar motor menggunakan ECU.

ECO - Settingan untuk mengefisienkan bahan bakar sekaligus meningkatkan power motor sebesar 0,5 Hp.

Lite - Settingan bagi yang sudah mengganti knalpot standar dengan knalpot racing. (Yamaha merekomendasikan knalpot Sakura sebagai powerkit resmi untuk Yamaha R15).

Power - Settingan bagi Yamaha R15-nya sudah di oversize (bore-up) dengan mengganti blok silinder dan piston.

Sport - Settingan tambahan bagi mesin R15 yang sudah di bore-up. Sport tune bisa mengubah limiter rpm mesin, meningkatkan suplai pembakaran bensin, dsj.

Racing - Khusus untuk settingan yang satu ini memang cukup rumit. Settingan ini bisa menyesuaikan ukuran bore-up R15 hingga kapasitas 300cc! Settingan Racing bisa mengatur putaran mesin dan flow rate injection motor.

Cara Setting ECU Yamaha R15 Melalui Aplikasi Daytona Power Pack

Berikut adalah tampilan aplikasi Daytona Power Pack yang bisa dijalankan di smartphone Android, Tab, dsj.
Layar Utama Setting ECU Yamaha R15
 Setelan ECU Yamaha R15 terbagi jadi 3 menu utama, yaitu EZ, Sport dan Racing. Dalam keadaan normal, pengguna harian hanya memerlukan menu EZ dan Sport.

Settingan pada menu EZ 
Tampilan diatas adalah opsi dalam menu Sport yang terbagi jadi 3 pilihan. Masing-masing tuning mempengaruhi karakter dan power motor. Silakan pilih salah satu sesuai dengan kebutuhan berkendara yang anda inginkan. Setiap settingan mempengaruhi limiter mesin sebesar 500 rpm. Settingan ini lebih optimal jika knalpot standar sudah diganti dengan knalpot racing.

Menu Settingan Sport ECU Yamaha R15
 Gambar diatas adalah tampilan menu Sport untuk menyetel suplai BBM diruang bakar. ada 4 blok putih dengan angka 1,2,3,4 yang menandakan rpm mesin di putaran bawah, menengah, hingga atas.

Settingan 'Racing' ECU Yamaha R15
Nah, untuk menu Racing, settingan lebih rumit lagi. Ada 10 blok (1-10) yang mewakilkan putaran mesin dari bawah, menengah, hingga atas. Yang ini perlu hati-hati menyetelnya. Settingan yang kurang atau tidak tepat akan membuat performa motor menjadi loyo tak bertenaga. Lebih parahnya lagi, akan membuat konsumsi BBM semakin boros. Bagi yang motor Yamaha R15 masih bermesin standar, settingan ini tidak diperlukan. Kecuali mesin R15 sudah di bore-up (dinaikkan kapasitas mesinnya).

Itulah tutorial cara setting ECU Yamaha R15 dengan Android. Untuk tambahan lainnya (jika ada) akan dilengkapi kemudian. Semoga bermanfaat :-)

Artikel spekmotor lainnya mengenai:

No comments:

Post a Comment