spekmotor. Powered by Blogger.

Tes Performa Yamaha R15, Top Speed & Impresi Pertama

Tes Performa Yamaha R15, Top Speed & Impresi Pertama - Yamaha R15 adalah motor teranyar Yamaha yang resmi diluncurkan sejak 23 April 2014 lalu. Sedangkan untuk pemesanan secara online sudah dimulai sejak 15 April silam dengan jumlah stok 1.500 unit yang habis terjual dalam waktu 24 jam. Sebagai motor berkonsep sport yang dibanderol dengan harga 'cuma' Rp. 28 juta, (harga naik per-15 Agustus 2014) tentunya banyak yang bertanya bagaimana performa R15 ini?

Review Yamaha R15: Uji Performa & Test Ride

Review Yamaha R15
Yamaha R15
Beberapa bulan sebelum peluncuran, Yamaha sudah mengumumkan kalau YZF-R15 akan mengusung spesifikasi mesin yang sama dengan Yamaha New-Vixion. Dengan demikian, bisa disimpulkan performa Yamaha R15 pun tidak jauh beda dengan Vixion. Namun, dengan beberapa perbedaan teknologi pada R15 tentunya membuat kedua motor tak bisa disamakan.

Melirik tampilan motor, desain R15 mengusung bentuk yang hampir sama dengan R6, moge fairing yang oleh kalangan modifikator disebut sebagai salah satu moge dengan desain terindah.

Menjajal sudut ergonomi motor, posisi setang Yamaha R15 termasuk ceper dengan posisi setang yang hampir sama tingginya dengan tangki bahan bakar, membuatnya cukup pegal jika dikendarai terlalu lama. Sedangkan jarak tuas kopling dan rem cukup jauh. Bagi yang jari tangannya tidak terlalu panjang akan kesulitan menjangkau tuas rem. Barangkali bisa diakali dengan menyetel ulang di bengkel R-Shop (sebutan bengkel resmi khusus untuk motor Yamaha R15).

Beralih ke sektor panel pengemudi. Desain speedometer terlihat sporty dan modern dengan kombinasi analog dan digital. Berbagai petunjuk instrumen seperti lampu netral, lampu jauh, lampu seins, dibuat sejajar dengan warna lampu yang berlainan. Layar digital berukuran cukup besar dengan informasi yang cukup lengkap, ada takometer, trip meter, speedometer dan indikator bahan bakar.
Speedometer Yamaha R15
Top Speed Yamaha R15
Menengok sektor dapur pacu, suara mesin Yamaha R15 terdengar halus dan ngebas. Mirip dengan Yamaha New-Vixion karena dasarnya memang satu jeroan. Bedanya, R15 memiliki 6-percepatan, sedangan Vixion hanya 5-percepatan. Impresi pertama saat memuntir gas, ternyata cukup enteng, perpindahan kopling juga halus, seperti halnya pergantian gigi.

Bicaa soal handling, R15 masih unggul dibandingkan New Vixion, walaupun suspensi belakang terasa cukup keras. Tapi dengan penggunaan lengan ayun berbahan khusus yang diadopsi dari motoGP membuat bobot mengendara terasa sangat nyaman dan stabil.

Top Speed Yamaha R15

Menguji performa Yamaha R15, akselerasinya mirip-mirip dengan New Vixion. Power motor langsung keluar begitu rpm menyentuh angka 6.000. Menjajal power Yamaha R15, performa mesin terasa enteng dan bertenaga di putaran bawah hingga menengah. Untuk kecepatan 0-60 km hanya memerlukan waktu 4,5 detik. Saat memasuki gigi 5 & 6, performa motor terasa agak berat. rpm naik perlahan.

Untuk menempuh jarak 1-100 km memerlukan waktu 13 detik. Sedangkan kecepatan maksimum / top speed Yamaha R15 menyentuh angka 133 km/jam. Diperlukan trek yang panjang untuk bisa menyentuh angka tersebut.

Demikianlah informasi mengenai Tes Performa Yamaha R15, Top Speed & Impresi Pertama. Semoga bermanfaat :-)

artikel spekmotor lainnya mengenai:

No comments:

Post a Comment