spekmotor. Powered by Blogger.

Sparepart Aksesoris Yamaha R15 Bisa Dipakai di Vixion

Sparepart Aksesoris Yamaha R15 Bisa Dipakai di Vixion - Yamaha R15 adalah moge pertama yang diluncurkan oleh Yamaha Indonesia (YIMM) setelah sekian lama mangkir di segmen motor sport fairing. Melirik jauh kebelakang, 2 motor fairing terakhir Yamaha yang diluncurkan di Indonesia adalah TZM 150 dan Touch 125 yang dipasarkan pada tahun 1995 hingga 2000-an. Keduanya masih mengusung jeroan mesin 2-tak yang sudah hampir punah saat ini.

Membahas soal tampilan, baik Yamaha TZM maupun Touch, sama-sama mewarisi gen yang sama dengan desain sporty yang digandrungi para biker pada zamannya. Model Yamaha TZM khususnya, cukup banyak dijadikan inspirasi bagi para modifikator yang ingin merubah tampilan motornya.

Mengikuti perkembangan zaman, desain lekukan motor pun semakin bervariatif dan rumit. Namun yang pasti, konsep motor fairing masih kerap digunakan sebagai inspirasi para modifikator motor. Salah satu motor yang kerap menjadi sumber inspirasi adalah varian YZF-R dari Yamaha. Hingga saat ini, cukup banyak produsen aksesoris after-market yang membuat jiplakan parts dari Yamaha R125, R6, hingga R1.

Aksesoris Yamaha R15
Tak terkecuali dengan Yamaha R15 yang menjadi motor andalan baru dari Yamaha. Dengan mengusung jeroan yang sama dengan New Vixion, para pemilik Vixion boleh bergembira. Kabar baiknya, sparepart dan aksesoris Yamaha R15 memang 90% sama persis. Begitu pun dengan dimensi motor dan sasisnya masih sama dengan Vixion.

Salah satu fitur unggulan Yamaha R15 terletak pada sektor kaki-kaki dimana swing-arm R15 menggunakan bahan alumunium khusus seperti yang dipakai oleh motor prototype pada MotoGP. Pihak Yamaha sendiri mengklaim kalau teknologi swing arm pada motor R15 ini adalah yang pertama kali digunakan di Indonesia untuk motor sport harian.

Menurut M Abidin, selaku GM Service & Motorsport PT YIMM, Selain swing-arm, sistem 6-percepatan pada Yamaha R15 juga bisa di'kanibal' ke Yamaha Vixion yang hanya punya 5-percepatan. Pemasangannya pun hanya plug-n-play saja, karena crankcase nya masih sama.

Aksesoris & Sparepart Yamaha R15

Sparepart Yamaha R15
Swing arm Yamaha R15

 Harga Modifikasi Yamaha Vixion Menjadi R15

Harga Modifikasi Yamaha Vixion menjadi R15
Modifikasi Yamaha Vixion menjadi R15
Berapakah biaya modifikasi yang harus dikeluarkan untuk merubah tampilan Yamaha Vixion menjadi R15? Menurut M. Abidin lebih lanjut, modifikasi tersebut memerlukan dana dikisaran Rp.10 juta! yang meliputi bodi fairing, swing arm, disk brake belakang, serta crankcase 6-transmisi.

Dari sebagian besar bagian yang bisa diadopsi oleh Yamaha Vixion, hanya teknologi ECU yang tak bisa diwariskan. Teknologi ECU (Electronic Control Unit) adalah signature canggih dari R15 yang dapat mengatur sensor oksigen dan performa mesin. Untuk perbedaan kecepatan R25 dengan New-Vixion bisa membaca artikel: Adu Performa Yamaha R15 vs New-Vixion

Nah, sudah siapkah anda merogoh kocek untuk menyulap Yamaha Vixion anda menjadi R15?

Demikianlah informasi mengenai Sparepart Aksesoris Yamaha R15 Bisa Dipakai di Vixion. Semoga bermanfaat :-)

artikel spekmotor lainnya mengenai:

No comments:

Post a Comment