spekmotor. Powered by Blogger.

Adu Performa Yamaha R15 vs New-Vixion (Test Ride)

Adu Performa Yamaha R15 vs New-Vixion - Yamaha R15 adalah motorsport anyar yang memang dipersiapkan untuk menjadi senjata  Yamaha dalam mendongkrak penjualan di tanah air. Kemunculan motor ini cukup mengejutkan karena harga yang ditawarkan cukup memukul harga yang dibanderol oleh para kompetitornya.

Murahnya harga Yamaha R15 tak terlepas dari teknologi mesin yang bisa dibilang mengadopsi jeroan Yamaha Vixion dengan hanya melakukan beberapa perubahan minor yang ada pada teknologi ECU dan sistem gearbox 6-percepatan. Seberapa signifikan kah perbedaan performa kedua motor dengan adanya 2 perbedaan tersebut?

Uji Performa Yamaha R15 vs New Vixion Melalui Dynotest

Yamaha R15 vs New Vixion
Yamaha R15 vs New Vixion
Merujuk pada spesifikasi resmi yang dirilis oleh Yamaha Indonesia, kedua motor sama-sama memilik spek power 16,42 Hp pada putaran 8500 rpm. Namun, dengan adanya fitur ECU tentu saja akan memberi perbedaan jika kedua motor diuji secara head-to-head atau pengujian langsung.

Uji performa dilakukan dengan menggunakan alat pengukur kecepatan Dynotest. Berdasarkan hasil pengujian didapati power Yamaha R15mentok di angka 14,29 hp pada putara 8700 rpm. Sedangkan Yamaha Vixion sedikit dibawahnya dengan angka 14,17 hp pada rpm yang sama. Sementara untuk torsi maksimum Yamaha R15 mentok di angka 12,83 Nm pada putaran 7300 rpm dangan 76 Nm.

Adu Kecepatan Yamaha R15 vs Yamaha Vixion di Jalan Raya

Melalui pengujian langsung Yamaha R15 vs Yamaha Vixion dengan metode jarak tempuh, didapati Yamaha R15 mampu menempuh jarak 0-60 km hanya dalam waktu 4,5 detik, dan 0-100 km/jam dengan waktu 12,8 detik. Sedangkan pada Yamaha Vixion memerlukan waktu 4,1 detik untuk jarak 0-60 km/jam dan 13,1 detik untuk jarak 0-100 km/jam.

Di sini nampak perbedaan akselerasi Yamaha R15 vs New-Vixion yang dipengaruhi oleh bobot motor menyebabkan putaran bawah mesin lebih unggul Yamaha Vixion. Sementara untuk putaran atas dan top speed maksimum, dengan adanya teknologi ECU yang mempengaruhi karakter mesin membuat R15 lebih ringan di putaran atas dengan kecepatan maksimum mencapai 133 km/jam. Sedangkan Yamaha New-Vixion hanya mentok di 131 km/jam.

Jadi, kesimpulannya, untuk adu balap dan kebut-kebutan Yamaha R15 vs New-Vixion, keduanya masih berimbang satu sama lain, karena tak ada perbedaan yang signifikan. Pemenangnya hanya tergantung dari berat badan si pengendara dan nyali dalam membetot gas.

Demikianlah informasi mengenai Adu Performa Yamaha R15 vs New-Vixion (Test Ride). Semoga bermanfaat :-)

artikel spekmotor lainnya mengenai:

No comments:

Post a Comment