spekmotor. Powered by Blogger.

Paket Speedkit Untuk Mempercepat Yamaha R15 & Harganya

Paket Speed kit Untuk Mempercepat Yamaha R15 & Harganya - Meluncurnya Yamaha R15 nampaknya memang mendapat perlakukan khusus dari Yamaha Indonesia (YIMM). Hal itu nampak dari rencana Yamaha yang akan mendirikan ribuan cabang R-Shop, sebuah pusat layanan yang khusus menangani pembelian, service-center, hingga aksesoris motor Yamaha R15.

Sebagai motor yang berfokus pada segmen moge sport fairing, PT YIMM tak hanya menyediakan aneka sparepart asli Yamaha, tetapi juga sparepart khusus yang diperuntukan bagi mereka yang 'mendewakan' performa dan kecepatan.

Paket Modifikasi Yamaha R15

Sebagai motorsport yang berbasis mesin Yamaha Vixion, performa R15 yang menghasilkan power di kisaran 16,5 hp mungkin serasa kurang nendang. Sebagai perbandingan, Honda CBR150R yang menjadi pesaingnya memiliki power hingga 17,5 hp. Nah, pertanyaannya, apakah kecepatan Yamaha R15 bisa ditingkatkan? Jawabannya tentu saja bisa! 

Umumnya, para modifikator memiliki tekniknya sendiri untuk meningkatkan kecepatan motor hingga melebihi batas yang dimiliki oleh mesin bawaan pabriknya, meskipun tak jarang efek modifikasi tersebut justru dapat memperpendek usia mesin.

Nah, menjawab hal tersebut, Yamaha Indonesia juga meluncurkan speed kit khusus yang disiapkan bagi mereka yang kepingin meng-upgrade performa Yamaha R15 nya tanpa harus mengorbankan jeroan asli mereka akibat hasil modifikasi kasar yang umumnya dilakukan oleh bengkel modifikator tak resmi.

Paket Speed Kit Untuk Mempercepat Yamaha R15 & Harganya

Menurut M. Abidin, selaku GM Service & Motorsport dari Yamaha Indonesia, untuk menambah power Yamaha R15 secara efektif, hanya ada 2 parts yang diperlukan. Yang pertama adalah perangkat ECU Racing keluaran Daytona, dan yang kedua adalah knalpot racing buatan Sakura. Untuk mendapatkan keduanya, anda harus mengeluarkan kocek sekitar Rp.3,5 juta. Mari kita bahas satu persatu!
Paket Speedkit Yamaha R15
Paket Modifikasi Yamaha R15
ECU (Electronic Control Unit) adalah perangkat canggih yang juga diaplikasikan di dunia balap. Fungsinya adalah sebagai pengatur sensor oksigen dan bahan bakar secara elektronik. Dengan mengganti perangkat ECU milik Daytona, motor Yamaha R15 akan memiliki 4 metode berkendara yang akan diatur secara elektronik, antara lain: Eco Mode, Sport, Lite Tuning, dan Racing Mode. Keempatnya mempunyai karakter mesin yang berkendara. ECU Daytona ini sudah tersemat secara otomatis pada Yamaha R15 versi Special Edition yang saat ini baru dibuat 5 unit saja.

Untuk mode terendah misalnya, yaitu Eco Mode, performa R15 mampu ditingkatkan hingga 0,49 hp. Begitupun dengan 3 mode lainnya, masing-masing menjanjikan power dan karakter yang berbeda-beda. 

Selain ECU, piranti kedua yang diperlukan untuk mengimbangi gas buang adalah knalpot racing. Beberapa waktu yang lalu, Yamaha Indonesia merekomendasikan knalpot merek Sakura bagi pemilik motor Yamaha yang kepingin meningkatkan performa tunggangan mereka.

Knalpot racing Sakura dibuat dengan material stainless steel khusus dengan menyematkan perangkat DB Killer yang dapat mereduksi polusi suara sehingga suara motor tetap halus dan nyaman ditelinga. Pihak Yamaha sendiri mengklaim, efek penggantian knalpot racing ini dapat meningkatkan power Yamaha R15 hingga 0,11 hp.

Bagi yang masih juga merasa kurang puas dengan performanya, piranti DB Killer pada knalpot juga bisa dilepas. Dengan ini power motor akan meningkat. Meskipun demikian, cara tersebut disebutkan akan menghanguskan garansi motor karena membuat motor sudah berada diluar konteks safety riding yang disebutkan dalam poin-poin garansi saat pembelian.

Paket Modifikasi Yamaha R15 Untuk Sektor Tampilan (Street Kit)

Selain menawarkan paket speed kit untuk sektor jeroan mesin, paket aksesoris untuk jeroan tampilan pun tak luput dari perhatian. Untuk bagian ini, Yamaha Indonesia juga menawarkan 9 paket street kit yang terdiri dari berbagai aksesoris pemanis untuk membuat tampilan Yamaha R15 anda terlihat garang. Untuk mendapatkan kesembilan paket modifikasi Yamaha R15 (street kit) ini, pemilik harus merogoh kocek lagi sebesar Rp. 2.530.000,-. Berikut adalah rinciannya:

Paket street kit Yamaha R15
Paket Street kit Yamaha R15
Nah, bagaimana? tertarik untuk menjajal teknologi balap Yamaha yang ditawarkan pada paket speed kit mereka?

Demikianlah informasi mengenai Paket Speedkit Untuk Mempercepat Yamaha R15 & Harganya. Semoga bermanfaat :-)

artikel spekmotor lainnya mengenai:

No comments:

Post a Comment