spekmotor. Powered by Blogger.

Posisi Berkendara Honda CBR 150 vs Yamaha R15

Posisi Berkendara Honda CBR 150 vs Yamaha R15 - Sebagai motor sport fairing, baik Honda CBR 150 maupun Yamaha R15 tentu mengusung konsep yang sama, dengan model setang jepit juga footstep yang akan menekuk ke belakang. Melirik spesifikasi dan dimensi kedua motor, ternyata wheelbase dan ergonomi Honda CBR 150 dan Yamaha R15 sedikit berbeda, yang artinya juga berpengaruh pada posisi berkendara pada masing-masing motor. Nah, pada tulisan kali ini kami akan membahas perbedaan Honda CBR 150 dengan Yamaha R15 dalam hal ride position atau sudut ergonomi motor.

Posisi Berkendara Honda CBR 150 vs Yamaha R15

Ride Position Honda CBR 150
Posisi Berkendara Honda CBR 150
Honda CBR 150 (gambar: warungdohc.com)
Menjajal posisi duduk Honda CBR 150, ketinggian jok cukup rendah dengan busa jok yang cukup tebal dan empuk. Bagi yang punya ketinggian 165km masih bisa menjangkau motor ke tanah. Posisi berkendara Honda CBR 150 tidak terlalu membungkuk karena setang jepit tidak terlalu rendah, belum lagi dikombinasikan dengan posisi footstep yang tidak terlalu menekuk. Hal ini memberi keuntungan sendiri karena ergonomi Honda CBR 150 tidak membuat pegal.

Seperti halnya dengan footstep belakang juga tidak terlalu tinggi. Jok pembonceng juga cukup nyaman karena posisinya tidak tinggi dan mencong ke depan sehingga boncenger tidak cenderung merosot ke depan seperti halnya motor-motor sport lainnya.

Ride Position Yamaha R15
Posisi Berkendara Yamaha R15
Yamaha R15 (gambar: kompas.com)
Setelah menjajal posisi berkendara Honda CBR 150 langsung berpindah ke R15. Sudut ergonomi R15 cukup berbeda dengan CBR 150. Posisi berkendara Yamaha R15 lebih terkesan racy. Posisi setang jepitnya agak jauh ke depan dan ceper ke bawah. Untuk berkendara jarak jauh cukup bikin pegal-pegal karena posisi berkendaranya lebih membungkuk. Untuk dimensi jok terasa lebih kecil tapi ketebalan busa cukup empuk dan nyaman.

Untuk posisi jok belakang lebih tinggi menyesuaikan bodi belakang yang meruncing. Bagi boncenger yang badannya tidak terlalu tinggi bakal cukup kesulitan untuk berpijak naik ke jok belakang karena posisinya cukup tinggi.

Kesimpulan

Sudut Ergonomi Honda CBR 150 vs Yamaha R15
Sudut Ergonomi Honda CBR 150 vs Yamaha R15
Mengetes kenyamanan motor saat dikendarai, performa Honda CBR 150 terasa lincah dengan dimensi bodi yang cukup ramping. Dengan posisi jok yang cukup rendah dan setang yang tidak terlalu merunduk, Honda CBR 150 cocok untuk dipakai harian. Konsepnya lebih ke kebutuhan berkendara.

Yamaha R15, dengan konsepnya, lebih menawarkan sensasi balap nan sporty. Posisi berkendara R15 lebih membungkuk, lebih cepat bikin pegal dan tangan kesemutan karena harus menahan bobot tubuh dan laju kendaraan. Mengendarai motor dalam waktu lama lumayan bikin kesemutan. Jadi, masing-masing punya ciri khasnya sendiri-sendiri.

Demikianlah informasi mengenai Posisi Berkendara Honda CBR 150 vs Yamaha R15. Semoga bermanfaat :-)

artikel spekmotor lainnya mengenai:

No comments:

Post a Comment