spekmotor. Powered by Blogger.

Yamaha R125: Sosok Sport Mini dgn Fitur Ekslusif & Lengkap

Mengulas Yamaha R125, Motorsport Ekslusif & Berfitur Lengkap - Yamaha R15 dan R25 adalah 2 moge anyar yang menjadi andalan Yamaha dalam memperluas segmen pasarnya di kelas motor fairing di Indonesia. Yamaha sendiri memiliki koleksi yang cukup lengkap di keluarga YZF-R nya yang tersedia mulai dari R125, R15, R25, R6, hingga R1.

Menengok 3 motor di kelas terkecilnya, ada R125, R15, dan R25. Membandingkan ketiga motor tersebut, jelas R125 adalah 'adik' terkecil. Tapi, bicara soal fitur, harus diakui, R125 berada diatas R15 bahkan R25 sekalipun. Tak heran jika di Eropa, R125 dianggap sebagai motorsport ekslusif meskipun untuk ukuran jeroan mesin 'cuma' berkapasitas 125cc. Seperti apakah detil motor ini?

Yamaha R125
Yamaha R125

Yamaha R125: Teknologi

Melirik spesifikasi mesin, R125 memiliki jeroan mesin yang didesain dengan spesifikasi balap, mulai dari jeroan mesin, sasis, hingga material motor, semuanya didesain dengan ekslusif dan mendetil.

Sebagai catatan, performa standar R125 saja mampu menghasilkan power hingga 15 Hp. Untuk ukuran standar motor di Indonesia, performa tersebut bisa disejajarkan dengan motor-motor kelas 150cc.

Yang lebih hebat lagi, kecepatan standar Yamaha R125 bisa ditingkatkan lagi.  Yamaha menyediakan paket bore-up khusus yang mampu meningkatkan volume mesin R125 hingga 182cc!

Menengok tampilan Yamaha R125 terbaru yang diperkenalkan pada pertengahan Februari 2014 lalu memang membawa sejumlah ciri khas baru, diantaranya: lekukan air-duct di moncong depan, desain baru pada knalpot, rem, suspensi depan, serta velg.

Fitur-Fitur Yamaha R125

Air-duct - Mengulas fitur-fitur Yamaha R125 terbaru 2014, motor memiliki fungsi air-duct pada bagian headlamp depan. Fungsi ini bertujuan sebagai air-intake atau pemberi pasokan udara yang mengarah langsung ke jeroan mesin. Fitur ini juga terdapat pada Yamaha R6.


Kaki-kaki - Kemewahan Yamaha R125 juga nampak pada sektor kaki-kaki motor yang berkonsep full sporty. Suspensi depan menggunakan tipe up-side down sedangkan belakang bertipe linkage yang sering diterapkan pada moge-moge supersport. Pada bagian fender depan, desain nampak elegan dengan finishing berbahan karbon.

Untuk sektor belakang, piranti pengereman menggunakan teknologi termuktahir yang disebut 'Radial Mounted Caliper' dengan piringan cakram terbaru yang mereka sebut 'floating disc-brake'.

Pada bagian velg juga berbahan alloy yang sangat ringan namun kuat. Penggunaan material ini dapat mempercepat laju motor melalui pemangkasan bobot motor.

Teknologi Yamaha R125

Teknologi Fuel Injection - Yamaha R125 memang sudah mengusung mesin injeksi sejak beberapa tahun silam. Namun, Yamaha mengklaim teknologi injeksi pada R125 versi terbaru 2014 ini mampu mengefisiensikan pembakaran hingga 11%.

Fitur Yamaha R125

Finishing - Melihat tampilan Yamaha R125 secara sekilas, sangat nampak sekali bagaimana material motor, lekukan bodi, konsep, permukaan motor, hingga finishing R125 merupakan masterpiece dikelasnya. Detail motor nampak sangat rapi. Material yang dipakai juga terlihat ekslusif dan berkelas.
Yamaha R125 2014
Yamaha R125 2014
Footsteps - Material footsteps depan dan belakang Yamaha R125 juga berbahan alumunium ringan yang diselesaikan dengan finishing yang sangat rapi.

Panel Instrumen - Melirik tampilan panel dashboard, perangkat instrumen R125 berbasis digital dengan informasi yang lengkap seperti takometer, speedometer, indikator topspeed, kecepatan rata-rata, temperatur mesin, jam analog, trip meter, informasi bahan bakar, dan pemakaian bbm rata-rata.
Speedometer & Footstep Yamaha R125
Speedometer & Footstep Yamaha R125
Knalpot Yamaha R125
Berapakah harga Yamaha R125? Untuk saat ini, R125 dibanderol di kisaran Rp. 80 jutaan di Eropa (setelah konversi ke rupiah). Barangkali dengan tingginya harga Yamaha R125, membuat kehadiran motor ini di Indonesia masih sebatas wacana. Apalagi harga tersebut belum termasuk pajak impor masuk. Bisa dipastikan, harganya akan melambung hingga Rp. 100 jutaan! Nah, kita tunggu saja, apakah motor ini juga akan diproduksi di Thailand atau India? Dengan demikian, tentunya harga motor akan ikut terpangkas.

Demikianlah informasi mengenai Yamaha R125: Sosok Sport Mini dgn Fitur Ekslusif & Lengkap. Semoga bermanfaat :-)

artikel spekmotor lainnya mengenai:

No comments:

Post a Comment