spekmotor. Powered by Blogger.

Vespa: Jarak Tempuh Km Saat lampu RES Menyala

Vespa: Jarak Tempuh Km Saat lampu RES Menyala - Ada 3 macam indikator bahan bakar yang terdapat pada sepeda motor, yaitu analog jarum, digital, dan lampu RES. Diantara ketiganya menjadi patokan seberapa banyak bahan bakar yang tersisa di dalam tangki.

Dari ketiga indikator BBM tersebut, barangkali yang paling sederhana adalah lampu RES. Indikatornya hanya berupa lampu berwarna oranye yang menyala saat bahan bakar sudah mendekati habis.

Vespa Primavera 150ie: Jarak Tempuh Km Saat Lampu RES Menyala

Saat ini, sudah lumayan banyak motor-motor yang menggunakan indikator ini. Ada kelebihan  / kekurangan pada indikator lampu RES. Dengan minimnya informasi, pemilik motor tidak bisa menerka bisa seberapa jauh sepeda motor berjalan.

Umumnya, saat indikator menunjukkan E atau lampu RES menyala, bahan bakar sepeda motor sudah dalam kondisi kurang dari 1 liter. Nah, pada kali ini kita akan menguji berapa jarak tempuh Km saat lampu RES menyala pada Vespa Primavera 150ie 3V keluaran terbaru 2014 yang diluncurkan belum lama ini.

Hal yang cukup unik, Vespa Primavera 150ie ini memiliki 2 indikator BBM sekaligus, yaitu  digital dan lampu RES. Saat tangki penuh, jumlah baloknya ada 7. Dan saat tersisa 2 balok, lampu RES akan menyala otomatis.

Pengujian dilakukan dengan me-reset tripmeter agar menjadi 0 kembali, kemudian dengan sisa bahan bakar yang ada, motor dibawa pada kecepatan rata-rata 50-60 km/jam sampai mesin betul-betul mogok total. Berapakah jarak tempuhnya?

Yang mengejutkan, di tripmeter menunjukkan angka 62 km! Jarak yang cukup jauh. Jadi kesimpulannya, kapasitas BBM yang tersisa saat lampu RES menyala adalah 1,5 liter, mengingat jarak tempuh Vespa Primavera adalah 1:40 km.
Jarak Tempuh Km saat lampu RES menyala
Demikianlah informasi mengenai Vespa: Jarak Tempuh Km Saat lampu RES Menyala. Semoga bermanfaat :-)

artikel spekmotor lainnya mengenai:

No comments:

Post a Comment