spekmotor. Powered by Blogger.

Konsumsi BBM CBR Lokal 58,2 km/Liter, Eco Riding + Premium

Konsumsi BBM CBR Lokal / All New Honda CBR150R - Dengan berkembangnya mesin injeksi membuat konsumsi BBM  pun semakin irit dibandingkan motor-motor jenis karburator. Tak terkecuali untuk motorsport sekelas All New Honda CBR150R. Beberapa waktu pasca peluncuran motor ini memang ada beberapa versi yang membahas konsumsi BBM CBR lokal. Tapi, kali ini berhubung ada unit motor yang bisa diujikan secara langsung di rumah, saya coba isi unit CBR lokal dengan full tank bahan bakar Premium.

Dengan motor kompresi tinggi  seperti CBR, bahan bakar premium memang tidak direkomendasikan, meskipun di buku panduannya menyebutkan bahan bakar oktan88 masih diperbolehkan. Namun untuk mengetahui perbandingan konsumsi BBM CBR lokal dengan Premium, Pertamax, dan Pertamax95, maka saya mulai dulu dengan bahan bakar Premium.

Uji Konsumsi BBM CBR Lokal Dengan Bahan Bakar Premium + Eco Riding

Pengujian konsumsi BBM CBR lokal dilakukan dengan metode full to full yaitu tangki BBM diisi sampai full lebih dulu setelah itu trip meter di reset sampai 0.

Motor dibawa muter-muter di rute Jakarta-Tangerang. Bagi yang tinggal di daerah ini tentu tahu betul bagaimana kondisi lalu lintasnya yang sering macet. Untungnya motor di tes saat hari Sabtu-Minggu yang tidak terlalu macet, walaupun tetap padat. Kebagian macet saat hari Seninnya saja. Kecepatan rata-rata variatiaf ada di kisaran 30-60 km/jam dengan pengoperan gigi di rpm 5500-6000 (eco riding aja). Hanya sekali dapet top speed 89 km/jam saat di fly over di Jembatan lima arah Kota Tua.

Setelah 3 hari dibawa ngiter-ngiter ternyata hanya berkurang 2 strip saja dengan menempuh jarak 198,4 km! Penasaran dengan konsumsi BBM yang sudah terpakai, saya balik lagi ke SPBU untuk mengisi tangki sampe full. Ternyata hanya 3,41 liter sudah terisi penuh. Berikut screenshoot terakhir sesaat sebelum isi ulang:
Konsumsi BBM CBR Lokal
Konsumsi BBM All New Honda CBR150R

Dengan demikian, kalau dihitung-hitung kembali konsumsi BBM CBR lokal:

198,4 km / 3,41 liter = 58,18 km / liter.

Hmm..Untuk ukuran motorsport DOHC termasuk irit juga bro!

Penasaran dengan konsumsi BBM dengan oktan lebih tinggi serta gaya berkendara yang sama, pengujian berikutnya akan menggunakan bahan bakar Pertamax. Tunggu update selanjutnya! 

Demikian informasi mengenai Konsumsi BBM CBR Lokal 58,2 km/Liter, Eco Riding + Premium. Semoga bermanfaat :-)

Artikel spekmotor lainnya mengenai:

1 comment:

Ikhsan Utomo said...

lah honda emang rajanya irit broh. apalagi udah injeksi. tapi masih kalah irit sih ama nvl hehe

http://fearlessyouthspirit.blogspot.com/2014/10/gak-usah-sekolah-kalian-bisa-jadi-apa.html

Post a Comment