spekmotor. Powered by Blogger.

Tips Mengatasi Knalpot Nembak Pada Yamaha Scorpio Z

Mengatasi Knalpot Nembak Pada Yamaha Scorpio Z - Yamaha Scorpio Z memang memiliki kapasitas mesin yang cukup besar, bahkan paling besar untuk kelasnya saat ini, yaitu 225cc. Dengan besarnya kompresi dan kapasitas mesinnya itu, tak heran, motor ini juga punya penyakit yang kerap dikeluhkan oleh pemiliknya, yaitu knalpot yang sering nembak, terutama ketika menurunkan speed atau ketika melakukan pengereman dengan cara menurunkan gigi. 

Suara knalpot nembak yang dikeluarkan adakalanya cukup kencang sehingga terasa tidak nyaman bagi si penunggang dan orang yang berada disekitar. Gejala knalpot nembak pada Yamaha Scorpio Z memang hal yang kerap terjadi meskipun motor anda sering diservis sekalipun. Terdapat banyak faktor yang menyebabkan knalpot nembak ini, misalnya pembakaran bahan bakar yang kurang sempurna, setelan karburator yang kurang tepat, settingan klep, celah busi dan AIS, dsb. Perlu diperiksa satu persatu.

Untuk menangani masalah knalpot nembak pada Yamaha Scorpio Z dapat dibereskan dengan memeriksa bagian-bagian yang disebutkan diatas. Dibawah ini blog spekmotor mencoba untuk membahas kelima tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut.

Yamaha Scorpio Z: 5 Cara Mengatasi Knalpot Nembak

Spuyer - Untuk mengatasi masalah knalpot nembak pada Yamaha Scorpio Z dapat memcoba mengganti spuyer bawaan pabrik dengan ukuran yang lebih besar, yaitu 20 agar aliran bahan bakar bisa lebih lancar dan plong. Setelah mengganti spuyer dengan ukuran 20, langkah berikutnya adalah menyetel settingan udara. Hal ini bisa dicek pada warna busi. Jika kepala elektroda berwarna kemerahan maka settingan sudah oke. Namun jika terlihat berwarna hitam seperti gosong, itu mengindikasikan pasokan bensin yang masuk berlebihan. Sedangkan jika berwarna putih, menandakan kurangnya pasokan bensin yang terbakar. Dari indikasi tersebut bisa disesuaikan settingan udara yang diperlukan.

Klep - Beralih ke settingan klep untuk mengatasi knalpot nembak pada Yamaha Scorpio Z anda. Setelan klep yang pas adalah tidak terlalu kencang / rapat yang bisa menimbulkan knalpot nembak. Umumnya untuk setelah yang tepat untuk Yamaha Scorpio Z ini adalajh 0,08mm juga ex0,10mm. Dengan settingan demikian, jika knalpot masih nembak, maka ubah settingan ke 0,12mm dan ex0,14mm.

Celah Busi - Untuk mengatasi knalpot nembak pada Yamaha Scorpio Z juga perlu memperhatikan celah busi dan memastikannya agar lebar celah berukuran 0,6-0,7mm (gbr.1). Dengan celah yang lebih rapat akan membantu memaksimalkan pengapian motor berkapasitas mesin besar seperti Yamaha Scorpio Z 

AIS - Pastikan juga agar AIS (Air Induction System) dapat memberikan aliran udara yang lancar menuju gas buang sehingga pembakaran menjadi lebih sempurna. Caranya dengan mengecek kondisi vakum dan selang-selang AIS. Jika kotor segera bersihkan, dan apabila rusak harap segera diganti. Tentu saja memerlukan pembongkaran untuk membersihkan selang ini (gbr.2).

Knalpot Nembak Pada Yamaha Scorpio Z
Knalpot Nembak Pada Yamaha Scorpio Z

Membran AIS - Masih di bagian AIS. Membran AIS juga perlu dicek tinggi bukaannya. Jika bukaannya terlalu rendah, maka setel kembali ketinggiannya menjadi 2,5-3,5mm. 

Demikianlah informasi mengenai Tips Mengatasi Knalpot Nembak Pada Yamaha Scorpio Z. Semoga bermanfaat :-)

artikel mengenai motor Yamaha lainnya mengenai:

No comments:

Post a Comment