spekmotor. Powered by Blogger.

Yamaha Scorpio Z dan Tips Perawatannya

Yamaha Scorpio Z dan Tips Perawatannya - Yamaha Scorpio Z adalah salah satu motor street fighter yang memiliki kapasitas yang cukup besar, yakni 225cc yang menjadikannya sebagai jagoan di kelasnya. Motor ini juga menjadi salah satu jenis yang digandrungi bagi pecinta motor-motor bertenaga besar. Nah, bagi anda yang sudah menggunakan Yamaha Scorpio Z setidaknya selama satu tahun, ada baiknya mengecek beberapa hal yang perlu diketahui.

Tips Perawatan Motor Yamaha Scorpio Z
Yamaha Scorpio Z
Tips Perawatan Yamaha Scorpio Z

Tips perawatan motor Yamaha Scorpion Z tak terlalu berbeda jauh dengan motor lainnya. Beberapa parts yang perlu diperhatikan, misalnya bagian kampas rem, pergantian oli mesin, dan minyak rem.

Bagi pengguna Yamaha Scorpio Z yang telah memasuki satu tahun penggunaan, ada baiknya agar mengecek kondisi vakum karburator. Hal ini dapat dikonsultasikan dengan teknisi di bengkel resmi Yamaha. Jika kondisi sudah kurang baik, gantilah dengan karburator baru untuk Yamaha Scorpio Z yang bisa didapat dengan harga 600 ribu. Dengan kondisi vakum yang termakan usia menyebabkan pembakaran bahan bakar menjadi tidak sempurna. Umumnya kerusakan atau aus ini disebabkan oleh kualitas bensin yang kerap digunakan.. Biasanya bensin oplosan dapat mempercepat kerusakan vakum karbu ini, karena kualitas bensin yang kurang baik akan tercampur dengan zat dan kotoran lain.

Selain rutin mengganti oli (terlebih jika sering digunakan), juga perlu mengecek kondisi filter oli. Umumnya, setelah memasuki usia penggunaan satu tahun, kondisi filter oli perlu diperhatikan kondisinya. 

Beralih ke bagian rem. Hal yang perlu diperhatikan adalah pada kampas rem. Kampas rem yang sudah menipis apalagi aus harap segera diganti karena dapat  merusak cakram rem Yamaha Scorpio Z anda. Biasanya untuk kualitas kampas rem orisinil keluaran Yamaha bisa bertahan selama satu tahun lebih, dibandingkan kampas rem kualitas KW. Harga yang ditawarkan untuk kampas rem orisinil memang sedikit lebih mahal, tapi lebih irit untuk penggunaan jangka panjang.

Untuk menjaga performa mesin Yamaha Scorpio Z anda agar tetap prima, diharapkan agar melakukan servis rutin setiap sebulan sekali, apalagi jika intensitas pemakaian sangat tinggi. Cukup alokasikan dana 60 ribu untuk biaya servis ringan atau 90 ribu untuk servis besar untuk menjamin performa Yamaha Scorpio Z anda supaya tetap nyaman dikendarai.

Demikianlah informasi mengenai Yamaha Scorpio Z dan Tips Perawatannya. Semoga bermanfaat :-)

artikel spek motor lainnya mengenai:

1 comment:

kabar info said...

bermanfaat sekali infonya untuk perawatan yamaha scorpio z nya tapi dengan perawatan saja masih kurang kalau motor gede seperti scorpio z harus memakai Asuransi motor

Post a Comment