spekmotor. Powered by Blogger.

Kawasaki Z Series: Sejarah dan Perjalanan Dari Pertama

Kawasaki Z Series: Sejarah dan Perjalanan Dari Pertama - Kawasaki tipe Z adalah jenis motor yang sudah meluncur sejak tahun 1972. Motor seri Z pertama adalah Kawasaki Z1. Ide menggunakan nama Z pada mulanya karena huruf tersebut dianggap sebagai nomor paling wahid di dunia ada zaman itu. Tak heran, Kawasaki Z1 menjadi motor dengan kapasitas cc terbesar (903cc) pada saat itu. Dengan teknologi DOHC 4-silinder membuat motor ini menarik perhatian pecinta motor dalam waktu singkat, terutama di US. Kawasaki Z1 merupakan hasil kerja keras dari para insinyur Kawasaki pada masa itu. Motor genre pertama tersebut mengusung bentuk tengki bensin yang seksi dengan dipasangnya kuartet knalpot monokrom dan mesin ala naked bike menjadikannya motor yang diidolakan oleh lelaki pada zaman itu. Tak heran Kawasaki Z1 menjadi primadona, baik di arena balap maupun sebagai lifestyle di Amerika, ditambah lagi dengan berbagai penghargaan otomotif yang berhasil disabetnya.

Generasi kedua Kawasaki Z adalah Z1-R yang meluncur 4 tahun kemudian. Motor kedua ini sudah disempurnakan pada banyak sektor, meliputi desain yang sudah mengusung konsep motor tudung alias fairing. Desain knalpot dengan model ala muffler mulai diperkenalkan. Kawasaki Z1-R ini juga yang menjadi cikal bakal motor-motor Kawasaki tipe R lainnya di kemudian hari. 

Tak berhenti sampai disitu, pada tahun 1978 atau tepat satu tahun pasca meluncurnya Z1-R, Kawasaki meluncurkan Z1300 yang mengusung inovasi muktahir yang menerapakan mesin 6-silinder pada motor serta teknologi radiator cair. Mesin berkapasitas 1300 cc ini memiliki rangka, mesin, dan suspensi yang hebat pada masa itu. Kekokohan Z1300 terlihat dari berat motor yang mencapai 300 kilogram! Para rider yang melakukan test ride untuk pertama kalinya pun mengakui performa Z1300 membuat mereka seolah terbang dan melayang. 

2 tahun berselang, Kawasaki Z semakin berkibar, terlebih setelah melahirkan Z1100GP pada tahun 1981. Dengan kapasitas mesin mencapai 1.109cc serta paduan desain elegan dan teknologi canggih menjadikan Z1100 sebagai motor berteknologi Fuel Injection (FI) pertama di dunia yang dimiliki oleh Kawasaki. Motor ini meraih sukses di pasaran bersama dengan Z1000R yang diluncurkan satu tahun berikutnya. Kawasaki Z1000 juga menjadi motor berjenis superbike pertama yang dikeluarkan oleh Kawasaki. Pada masa itu, motor ini ditunggangi oleh Eddie Lawson.

Selang beberapa puluh tahun, jenis motor Kawasaki Z tidak diluncurkan lagi hingga tahun 2003 dengan Kawasaki Z1000 nya. Tentu saja Z1000 versi 2003 memiliki konsep yang sangat berbeda dengan Z1000 yang diluncurkan pada tahun 1982. Selain mengikuti trend desain modern, ciri khas motor Kawasaki dengan lekukan desain tajam mulai nampak. Alhasil, karakter motor naked bike Z1000 tahun 2003 dan 2007 ini nampak lebih kokoh. Penyempurnaan Kawasaki Z terus dilakukan, dan mulai menjadi salah satu trademark motor naked bike milik Kawasaki. Kawasaki Z1000 sendiri sudah menggunakan teknologi injeksi modern dengan mengikuti teknologi mesin milik ZX-9R yang berkapasitas 953cc. 

3 tahun berselang, Kawasaki Z1000 Ultimate Z pun diluncurkan. Motor ini sudah menggunakan teknologi yang setara dengan motor superbike. Seluruh konsep yang diusung merupakan rombakan total dari teknologi mesin yang sudah digunakan pada Kawasaki Z sebelumnya. Hasil rancangan ulang para engineer handal Kawasaki ini mampu menghasilkan konsep mesin, sasis, sokbreker tidur, menjadi sebuah motor berteknologi baru yang unggul dari banyak segi dibandingkan Z2003. Bukti keseriusan Kawasaki terhadap motor seri Z berujung pada lahirnya Kawasaki Z250 pada tahun 2013 lalu. Motor berkonsep naked bike ala street fighter ini sebenarnya meminjam platform Ninja 250 injeksi yang sudah terbukti ketangguhannya. Saat ini, Kawasaki Z menjadi ikon Kawasaki pada motor-motor bergenre naked bike atau sport touring.

Kawasaki Z Series: Pertama Hingga Terakhir

Kawasaki Z
Kawasaki Z

Demikianlah informasi mengenai Kawasaki Z Series: Sejarah dan Perjalanan Dari Pertama. Semoga bermanfaat :-)

artikel seputar motor Kawasaki lainnya mengenai:

1 comment:

Bondan Setiawan said...

Informatif banget gan. Terimakasih.
Regard, Modifikasi Motor.

Post a Comment