spekmotor. Powered by Blogger.

Minerva MadAss: Review Motor Nyentrik, Spesifikasi & Harga

Minerva MadAss: Review Motor Nyentrik, Spesifikasi & Harga - Pabrikan Minerva yang sudah masuk ke Indonesia sejak tahun 2008 memang dikenal sebagai produsen otomotif yang berfokus pada motor-motor sport. Salah satu daya tarik motor Minerva di Indonesia adalah harganya yang terbilang 'sangat' murah bila dibandingkan dengan harga yang ditawarkan oleh pabrikan lainnya di Indonesia, seperti Honda, Yamaha, Suzuki, maupun Kawasaki. Saking murahnya, hingga kini banyak masyarakat yang menganggap Minerva adalah motor buatan China. Padahal Minerva menggunakan mesin Satchs, yang memiliki nama besar di dunia otomotif di Eropa. Selain murah, keunggulan desain dan konsep motor juga menjadi daya tarik tersendiri dari motor-motor keluaran pabrikan asal Jerman itu. 

Minerva MadAss si Motor Bergaya Trondol, Nyentrik, dan Liar

Minerva MadAss
Minerva MadAss 125
Bicara soal desain, bisa katakan, hampir semua motor Minerva memang memiliki tampilan yang ciamik. Tapi, kalau soal ekstrim, barangkali Minerva MadAss patut mendapat penilaian tersendiri. Tampilan Minerva MadAss memang bisa dibilang nyentrik sendiri dan lain daripada yang lain. Motor berkapasitas 125cc ini memang didesain dengan model trondol, khas motor drag bike yang terlihat bugil dan hanya menyisakan rangka dan jeroan mesin yang terlihat jelas. Namun dengan bentuk desain seperti itu, motor ini justru mampu menyabet 3 penghargaan bergengsi antara lain: European Sport Motorcycle Best Choice 2008, European Best Futuristic Design, dan Indonesia Motorcycle of The Year 2008. Motor ini memang terkesan nyentrik, liar, dan memiliki nilai seni tersendiri. 

Spesifikasi Minerva MadAss

Melirik jeroan dan spesifikasi mesin, Minerva MadAss 125 menggunakan mesin bertipe SOHC, 4-tak, 2-valve yang mampu menghasilkan power hingga 10 Hp pada putaran 7.500 rpm serta torsi maksimum mencapai 8 Nm pada putaran 5.000 rpm. Kendati kecil, ternyata motor yang terlihat seperti sepeda listrik ini mampu menampung 5,1 liter bahan bakar yang ditampung di dalam tengki yang berbentuk sasis tengah motor! Berikut adalah spesifikasi lengkap Minerva MadAss:

Spesifikasi Minerva MadAss 125
Spesifikasi MadAss 125

Beberapa Fitur Minerva MadAss 125

Kelebihan:
  • Posisi tengki bahan bakar yang terletak di tengah sehingga anda tak usah capek-capek turun dari motor saat ingin mengisi bahan bakar (sama seperti Kawasaki Athlete).
  • Minerva MadAss menganut kopling manual, seperti Suzuki Satria F150 dan Jupiter MX. Hal ini membuat akselerasi motor lebih spontan.
  • Sensasi berkendara yang didapat dari Minerva MadAss 125 memang memiliki cita rasa sendiri. Boleh dikatakan, menaiki motor ini lebih terasa seperti menaiki sepeda BMX daripada menaiki motor bebek apalagi skutik.
  • Panel speedometer Minerva MadAss 125 berukuran mini, tapi terbilang lengkap dengan adanya trip meter serta jam digital. Kedua fitur ini umumnya hanya tersedia pada motor-motor sport berkapasitas besar.
  • Desain headlamp cukup unik dengan vertical twin-lamp berbentuk bulat. Ukurannya memang tidak besar, namun cukup terang, selain itu juga ada lampu beam.
  • Meskipun belum menggunakan injeksi, tapi sistem pembakaran Minerva MadAss 125 sudah lolos uji standar Euro III.
  • Velg motor cukup tebal dengan 3 palang berukuran besar membuatnya tahan banting terhadap medan jalanan yang rusak.
  • Diameter sokbreker depan dan belakang cukup besar & tebal membuat bantingan motor terasa nyaman.

Kelebihan Kelemahan Minerva MadAss
sumber gambar: mantugaul.wordpress.com
Kelemahan:
  • Dengan bentuk motor yang terbilang mini, ukuran jok juga pendek. Jika berboncengan akan terasa agak sesak, apalagi jika berboncengan dengan orang berbadan besar.
  • Mesin agak bergetar saat dipacu pada rpm tinggi.
  • Posisi knalpot memang terlihat agak bikin was-was. Apalagi letaknya yang melengkung ke atas (model unertail), jika tidak hati-hati dan menyentuh kaki, cukup untuk bikin melepuh kulit.
  • Tak ada indikator bahan bakar (sama seperti Kawasaki Athlete).
  • Polesan / finishing pada material mesin terlihat agak kasar.
  • Kunci setang terletak di kanan, sedangkan kunci starter ada di kiri. Lokasi yang terpisah membuatnya cukup merepotkan setiap kali pemilik motor ingin mengunci stang.

Harga Minerva MadAss 125

Menurut sumber resmi pada situs Minerva Indonesia, harga Minerva MadAss 125 ini dibanderol dengan Rp.15.4 jutaan. Namun, pada facebook Minerva, harga yang tercantum adalah Rp.14.6 juta. Harga yang cukup terjangkau bukan? Bagaimana, tertarik untuk meminang motor eksotis dan nyentrik ini?

Demikianlah informasi mengenai Minerva MadAss: Review Motor Nyentrik, Spesifikasi & Harga. Semoga bermanfaat :-)

artikel spekmotor lainnya mengenai:

No comments:

Post a Comment