spekmotor. Powered by Blogger.

Modifikasi Honda CBR 1000F Model Moge Fighter Futuristik

Modifikasi Honda CBR 1000F Model Moge Fighter Futuristik - Honda CBR adalah motor 4-tak legendaris Honda yang diperkenalkan pertama kali pada tahun 1980-an. Hingga tahun 2014 ini tak kurang dari 50 varian motor CBR yang sudah diaspalkan oleh Honda di seluruh dunia. Diantara sekian banyak varian Honda CBR, 1000F adalah salah satu rajanya. Motor yang satu ini memang kerap menjadi ide para modifikator dalam memodifikasi motor mereka. Secara tampilan, desain Honda CBR tak perlu diragukan lagi. Tapi bagaimana kalau yang dimodifikasi itu Honda CBR keluaran tahun 1987? Penasaran dengan bentuknya?

Honda CBR 1000F (1987)

Honda CBR 1000F yang dimiliki oleh Ian McElroy tersebut mampu dimodifikasi secara ekstrim seolah mengalami regenerasi menjadi sebuah motor baru berkonsep futuristik dan kekar ala motor street bike. Ini dia tampilannya.

Modifikasi Honda CBR 1000F
Modifikasi Honda CBR
Modifikasi Honda CBR 1000F
Melirik hasil modifikasi Honda CBR 1000F milik McElroy, nampak sekali tampilan motor sama sekali berbeda konsep asli Honda CBR yang full-fairing. Wajah baru CBR lawas tersebut mampu dipermak menjadi motor futuristik dengan tampilan naked bike gambot.

Untuk merealisasikan idenya itu, McElroy perlu bekerja keras merakit seluruh cover bodi motor yang berbahan alumunium. Bagian rangka dan sasis juga mengalami oprekan langsung sebagai penopang tambahan menyesuaikan lekukan bodi. Pengerjaan teknis dilakukan secara manual, mulai dari pengelasan, pengecatan (air brush), pemasangan hingga pemasangan.

Untuk panel speedometer asli bawaan CBR dilengserkan dan diganti dengan panel speedometer yang lebih modern dan lengkap buatan Veypor. Modifikasi Honda CBR 1000F juga tak luput dari pengerjaan pada sektor mesin dan knalpot. Dapur pacu standar DOHC yang berkapasitas bersih 998cc tidak lagi bisa menggunakan knalpot bawaan standarnya lantaran struktur rangka motor sudah berubah total sehingga pekerjaan berikutnya tentu saja merancang ulang bentuk knalpot baru.

Modifikasi CBR

Pengerjaan knalpot tentu saja bukan hal sembarangan. Diperlukan penguasaan teknis mesin secara matematis untuk menghitung volume knalpot yang sesuai dengan kapasitas mesin. Untuk membuat gahar suara knalpot digunakan filter buatan K&N. 

Melirik hasil modifikasi Honda CBR 1000F pada sektor kaki-kaki belakang khususnya, spakbor belakang juga didesain khusus dengan model plat alumunium berjejer yang terlihat membalut ban belakang dengan sempurna. Piranti kaki-kaki lainnya seperti sokbreker (depan-belakang), lengan ayun, batok lampu, semuanya juga hasil custom, sebagian mengadopsi piranti kepunyaan moge lainnya.

Bagaimana? ingin mencoba ide modifikasi Ian McElroy ini pada motor anda?

Demikianlah informasi mengenai Modifikasi Honda CBR 1000F Model Moge Fighter Futuristik. Semoga bermanfaat :-)

artikel spekmotor lainnya mengenai:

No comments:

Post a Comment