spekmotor. Powered by Blogger.

Perbedaan Mesin 1 Silinder dengan 2 Silinder (Perbandingan)

Perbedaan Mesin 1 Silinder dan 2 Silinder Pada Sepeda Motor - Dengan semakin berkembangnya teknologi sepeda motor, para pabrikan mulai mengeksplorasi berbagai teknologi terbaru untuk meningkatkan performa sepeda motor mereka. Melirik teknologi jeroan dan kubikasi mesin, ada beberapa jenis yang paling banyak digunakan saat ini, yaitu mesin 1 silinder dan 2 silinder. Apakah beda keduanya? Secara teknis keduanya mempunyai kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Mari kita bahas satu persatu.

Perbedaan Mesin 1 Silinder vs 2 Silinder (Kelebihan & Kelemahan)

Perbandingan Mesin 1 silinder vs 2 Silinder
Perbandingan Mesin 1 silinder vs 2 Silinde
Power Mesin - Membahas perbandingan mesin 1 silinder dengan 2 silinder tentu saja yang paling membedakan adalah performa mesin. Umumnya, untuk volume mesin yang sama (250cc misalnya), kecepatan maksimum yang dihasilkan oleh motor 2 silinder lebih unggul dibandingkan motor 1 silinder.

Namun, bukan berarti mesin 1 silinder bisa di cap mesin lemot. Karena, power pada motor bermesin silinder tunggal justru sangat terasa di putaran bawah dan menengah. Untuk hal yang satu ini, mesin 1-silinder masih mengungguli mesin 2 silinder karena memiliki langkah dan torsi yang panjang.

Kelemahan mesin 1 silinder umumnya tidak kuat digeber pada putaran mesin tinggi. Biasanya getaran mesin lumayan terasa dan kestabilan menjadi agak goyah jika dibandingkan mesin 2 silinder.

Maintenance - Dalam hal perawatan, motor bermesin 1 silinder lebih murah dan mudah karena jeroan mesin lebih simpel dengan parts yang tidak terlalu banyak. Kerja para mekanik dalam menangani motor 1 silinder juga lebih ringan karena jumlah piston cuma 1 dengan 4 klep. Selain itu, arsitektur mesin juga lebih sederhana.

Konsumsi BBM
- Untuk pemakaian bahan bakar, motor bersilinder tunggal lebih irit karena powernya lebih terfokus pada rpm rendah, sedangkan pada motor 2 silinder, performa mesin didapat melalui rpm tinggi yang memerlukan pembakaran lebih besar. Dengan pengujian motor 1 silinder dengan 2 silinder yang dijalankan dengan kecepatan yang sama selama 1 jam, mesin 1 silinder lebih minim konsumsi bahan bakar ketimbang mesin 2 silinder.

Mesin 1 Silinder vs 2 Silinder (Kesimpulan)

Dengan demikian, bisa disimpulkan, motor dengan mesin 1 silinder punya karakter di putaran bawah dan menengah. Cocok untuk jalan di perkotaan yang penuh kemacetan juga perlu banyak buka-tutup gas.

Untuk biaya perawatan rutin maupun jangka panjang, mesin 1 silinder lebih murah, karena onderdil dan komponen jeroan mesin lebih sedikit & simpel. Hal itu bisa meminimalisir pengeluaran yang terjadi untuk mengganti kerusakan-kerusakan maupun aus pada komponen.

Mesin 2 silinder lebih boros bahan bakar, karena untuk mendapat power yang sama dengan yang dikeluarkan oleh mesin 1 silinder memerlukan putaran mesin yang lebih tinggi.

Demikianlah beberapa Perbedaan Mesin 1 Silinder dan 2 Silinder Pada Sepeda Motor. Tulisan ini bisa jadi pertimbangan bagi anda yang kepingin membeli Kawasaki Ninja RR Mono atau Kawasaki Ninja 250FI, juga motor lainnya yang mengadopsi teknologi mesin 1 silinder dan 2 silinder.

Semoga bermanfaat!

artikel spekmotor lainnya mengenai:

3 comments:

mohamad rivai said...

kesimpulannya terlalu memihak 1 silinder sihh.
Selain speed, penampilan 2 silinder juga keren :D
getaran dan suaranya juga yahud...
khas banget.

Anonymous said...

Itu bukan memihak mas, faktanya emang membuktikan seperti itu. Ini kan ngomongin performa bukan suara mas. Penampilan 2 silinder yang dimaksud keren dr segi mananya mas? Itu mesin kenapa dibikin keren?

Dwiky Arif Apriyanto said...

thanks for information, very usefull :D

Post a Comment