spekmotor. Powered by Blogger.

Tips Menyetel Rem Tromol Agar Menggigit

Tips Menyetel Rem Tromol Agar Menggigit - Piranti pengereman tentu saja sangat vital bagi pengendara motor, karena berhubungan langsung dengan keselamatan pengendara. Oleh karena itu, kondisi rem motor harus benar-benar dalam keadaan baik dan berfungsi secara maksimal. Hingga saat ini, terdapat 3 jenis mekanisme pengereman pada kendaraan roda dua, antara lain: rem tromol, rem cakram, rem ABS (Autolock Brake System).

Dari ketiga jenis teknologi pengereman, tentu saja rem tromol adalah yang paling lawas namun masih digunakan pada sejumlah motor bebek dan skuter harian, terutama pada rem belakang. Nah, pada tulisan kali ini, blog spekmotor akan membahas Tips Menyetel Rem Tromol Agar Menggigit.

Langkah-Langkah Menyetel Rem Tromol Agar Lebih Pakem

Tips Menyetel Rem Tromol
Rem Tromol (hourex 1501)
Melirik mekanisme cara kerja rem tromol adalah menggunakan kanvas yang ditekan oleh tuas sebagai penghenti laju roda. Salah satu kelemahan rem tromol tentu saja tidak semaksimal rem cakram yang mampu menggigit lebih sempurna. Oleh karena itu, diperlukan perhatian ekstra agar rem tromol lebih pakem. Tipsnya adalah dengan menjaga agar kondisi tromol selalu dalam keadaan bersih!

Langkah pertama untuk membuat rem tromol pakem adalah mengendurkan lebih dulu baut as roda lalu lepaskan dudukan kampas tromol serta tromolnya. Bersihkan kotoran yang menempel pada tromol dengan bahan lap ringan yang bersih. Jika ada kompresor, semprotkan angin ke sela-sela tromol untuk menyingkirkan kotoran dan kerikil yang menyelip di dalamnya.

Langkah selanjutnya adalah merendam kampas rem ke dalam air bersih, lalu jemur hingga kering kemudian pasang kembali seperti semula. Jangan lupa mengoleskan sabun colek pada tromol dan kampas rem. Cukup mudah bukan?

Demikianlah informasi mengenai Tips Menyetel Rem Tromol Agar Menggigit. Semoga bermanfaat :-)

artikel spekmotor lain-lain mengenai:

1 comment:

Post a Comment