spekmotor. Powered by Blogger.

Perbandingan Honda Vario vs Yamaha Soul GT (Head to Head)

Perbandingan Honda Vario vs Yamaha Soul GT (Head to Head) - Bagi anda yang kepingin membeli motor skutik Honda atau Yamaha akan dihadapi oleh banyaknya pilihan yang tersedia. Di Honda ada BeAT, Vario, Spacy, dan PCX. Sedangkan di Yamaha punya GT125, Mio, Soul GT, Xeon dan X-Ride. Pada tulisan kali ini kami akan membahas salah satu skutik andalan dari masing-masing pabrikan, yaitu Honda Vario dan Yamaha Soul GT.

Perbandingan Honda Vario dengan Yamaha Soul GT

Honda Vario vs Yamaha Soul GT
Honda Vario vs Yamaha Soul GT
Melirik tampilan motor secara sekilas, keduanya nampak hampir sama besarnya. Untuk lekukan bodi, Soul GT terlihat lebih tajam dan tegas. Perbedaan paling kentara ada di lampu depan. Pada Vario lampu depan menggunakan model split, sedangkan pada Soul GT modelnya menyatu.

Sudut Ergonomi - Menjajal menaiki kedua motor, jok tempat duduk Soul GT terasa lebih rendah dengan posisi setang lebih tinggi ketimbang Honda Vario. Hal ini membuat Soul GT terasa lebih nyaman. Selain itu deck / tempat pijakan kaki juga terasa lebih luas. Selain itu, volume jok tempat duduk juga terasa lebih empuk dibanding Vario. Faktor ini membuat Honda Vario terasa lebih nyaman dalam hal ergonomi.

Fitur & Teknologi - Menengok kapasitas bagasi  Soul GT berukuran 8 liter. Fitur Yamaha Soul GT lainnya juga ada smart lock, kunci magnet, lampu depan angel eye. Membandingkan kapasitas tengki, Honda Vario punya volume yang lebih besar dengan kapasitas hingga 13 liter. Untuk bagasi depan Vario juga lebih besar. Fitur kunci magnet pada Honda Vario lebih lengkap dengan tambahan tombol untuk pembuka jok tempat duduk. Fitur tambahan lainnya juga ada combi brake system (CBS), answer back system. side stand switch, lampu LED dan brake lock system.

Untuk kelengkapan fitur sepertinya Honda Vario sedikit lebih lengkap. Sedangkan membandingkan teknologi jeroan mesin masing-masing motor, Yamaha Soul GT menggunakan mesin injeksi YMJET-FI, teknologi forged piston, dan DiASil Cylinder.

Handling - Membandingkan bobot kedua motor, teknologi sasis Soul GT sedikit lebih ringan. Untuk urusan handling, Yamaha Soul GT terasa lincah dan ringan, enak diajak berkelok-kelok. Hanya sayang, kalau melewati jalan rusak, sokbreker terasa lebih keras dan berasa hingga ke bagian kemudi. Belum lagi, lingkar tapak ban Soul GT lebih kecil.

Sementara itu, handling Honda Vario FI terasa lebih berat. Untuk masalah handling, Soul GT sedikit lebih unggul. Tapi, dengan ukuran tapak ban dan tipe suspensi yang digunakan, Honda Vario lebih stabil menungguli Soul GT.

Top Speed - Bicara soal kecepatan maksimum, Top speed Yamaha Soul GT dan Honda Vario FI masih berimbang. Sama-sama mentok di 102 km/jam. Namun, dalam hal torsi dan akselerasi, Honda Vario FI sedikit lebih responsif. Hanya diperlukan waktu 6 detik untuk menempuh kecepatan 0-60 km/jam. Sedangkan Yamaha Soul GT perlu 7,5 detik.

Konsumsi Bahan Bakar - Melalui pengujian gaya berkendara normal harian, konsumsi BBM Honda Vario bekisar diangka 42km/liter. Sedangkan pada Soul GT ada diangka 41,5 km/liter. Cukup berimbang.

Harga - Untuk masalah harga, Honda Vario FI dibanderol Rp. 15.200.000,- Sedangkan Soul GT dibanderol Rp. 14.750.000,-

Demikianlah informasi mengenai Perbandingan Honda Vario vs Yamaha Soul GT (Head to Head). Semoga bermanfaat :-)

artikel spekmotor lainnya mengenai:

No comments:

Post a Comment