spekmotor. Powered by Blogger.

Perbandingan New Honda MegaPro vs Yamaha Byson Review Lengkap

New Honda MegaPro vs Yamaha Byson - New Honda MegaPro FI yang baru diluncurkan beberapa bulan, diluar dugaan mampu melampaui angka penjualan yang ditargetkan oleh Honda untuk pasar di Indonesia. Di lain pihak, Yamaha dengan Byson nya merupakan salah satu andalan dari kategori motor gede mereka. Kedua motor ini memang memiliki banyak kesamaan, selain dari faktor harga yang tidak berbeda jauh, keduanya juga mengusung teknologi yang hampir sama. New Honda MegaPro merupakan salah satu motor legendaris Honda yang masih bertahan hingga saat ini, selain Honda Supra X. Motor ini bisa dibilang sudah menjadi ikon moge harian Honda. Sedangkan Byson juga menjadi ikon motor urban  fighter milik Yamaha. Manakah yang unggul diantara kedua motor dari segi teknologi, performa, handling, dan fiturnya? Mari kita bahas satu persatu disini.

Perbandingan New Honda MegaPro FI vs Yamaha Byson

New Honda MegaPro vs Yamaha Byson
New Honda MegaPro vs Yamaha Byson
Tampilan - Melirik tampilan kedua motor, semuanya memiliki konsep naked bike ala street fighter. Keduanya juga membawa karakter masing-masing. Pada Yamaha Byson misalnya, karakter yang lebih ditampilkan lebih menekankan tampilan kekar dan besar. Hal itu terlihat dari ukuran tengki bahan bakarnya yang besar membulat. Selain itu, kesan kekar juga terlihat pada bagian bawah, seperti velg, suspensi, hingga ukuran ban yang memang  terbilang besar.

Sedangkan untuk desain tampilan New Honda MegaPro FI memang tidak sebesar Yamaha Byson, karena tetap mempertahankan konsep awal mereka yang dipertahankan sejak dulu yang berpenampilan sedikit kalem. Pada New Honda MegaPro FI terbaru ini, Honda melakukan ubahan pada cover tengki pada kiri-kanan yang membalut tengki bahan bakar dengan elegan dan kekar. Hanya saja untuk ukuran kaki-kaki, memang Yamaha Byson terlihat lebih kokoh dan kekar dengan ukuran suspensinya yang lebih besar berikut dengan velg palangnya.

Panel Speedometer - Bicara soal fitur New Honda MegaPro dan Yamaha Byson, keduanya memiliki keunggulan masing-masing. Pada panel dashboard misalnya. Panel speedometer Yamaha Byson sudah menggunakan model full digital LED dengan desain indikator bar yang cukup lengkap, mulai dari speedmeter, oddometer, indikator bensin, dan indikator jarak tempuh. Sedangkan pada panel milik New Honda MegaPro FI juga sama. Hanya saja, mungkin panel indikator atau speedometer milik New Honda MegaPro FI ini terlihat sedikit lebih rapi dan mudah dibaca. Satu kelebihan lainnya, juga ada petunjuk jam.

Fitur Motor - Untuk fitur bawaan lainnya seperti kunci kontak, New Honda MegaPro sudah memakai model kunci magnet dengan tutup cover, sedangkan untuk yamaha Byson masih model kunci standar. Pada bagian setang kemudi, New Honda MegaPro juga sudah dilengkapi dengan karet untuk mereduksi getaran, sedangkan Yamaha Byson tidak ada.

Shockbreaker & Rem - Beralih ke bagian bawah motor, perbandingan suspensi kedua motor agak berbeda. Suspensi depan Yamaha Byson sedikit lebih kekar dengan diameter suspensi 41mm, dan sokbreker belakang adjustable yang mampu disetel 7 tingkat. Sedangkan pada suspensi depan New Honda MegaPro FI sedikit lebih kecil dengan diameter hanya 31mm. Hanya saja untuk rem depan belakang keduanya sudah menganut model cakram. Sedangkan pada Yamaha Byson masih memakai tromol pada rem belakang.

Ukuran Ban & Velg - Untuk tampilan kekar, sekali lagi Yamaha Byson memang lebih unggul, setidaknya terlihat lagi dari ukuran ban depan-belakang yang menggunakan ban ukuran 11/70-17 (velg 2.50x17) dan 120/70-17 (velg 3.50x17). Sedangkan ukuran ban depan-belakang menggunakan 80/100-17 (velg 1.85x17) dan 100/90-17 (velg 2.50x17). Kalau untuk kestabilan berkendara, terutama di jalan licin dan kasar, rasanya Yamaha Byson mengungguli New Honda MegaPro FI.

Posisi Riding Berkendara - Untuk masalah handling motor, keduanya membawa kesan yang berbeda. Untuk Yamaha Byson, desain setang yang lebar memberi kesan macho saat berkendara. Selain itu, posisi berkendara motor Byson juga sedikit ceper dan merunduk. Untuk yang satu ini, cita rasa street fighter ala motor lelaki-nya sangat terasa saat mengendarai motor ini. Terlebih lagi dengan tampilan tengki besar dengan balutan striping sangar. Untuk footstep juga posisinya agak kebelakang, sehingga kaki terasa lebih nekuk khas motor-motor balap.

Sedangkan untuk handling dan riding position New Honda MegaPro FI 2014 lebih memfokuskan faktor ergonomi yang seimbang, dengan posisi setang agak tinggi, footstep juga sejajar dengan lekukan segitiga ergonomi berkendara, jadi kalau untuk faktor style dan sensasi sporty, lebih condong ke motor Yamaha Byson, sedangkan untuk faktor kenyamanan lebih condong ke New Honda MegaPro FI. Jadi silakan pilih sesuai dengan selera masing-masing.

Handling - Perbandingan handling motor Yamaha Byson dengan New Honda MegaPro juga berbeda. Untuk New Honda MegaPro memang terasa stabil, terlebih untuk trek panjang. Tapi terasa kurang nyaman saat harus melewati medan jalanan yang tidak rata atau bergelombang karena goncangan agak keras. Untungnya jok tempat duduknya cukup tebal sehingga getaran sedikit bisa tereduksi. Sedangkan untuk masalah yang sama, Yamaha Byson sedikit lebih nyaman karena ditunjang oleh suspensi yang besar dan kekar. Namun sebaliknya, motor ini menjadi sedikit goyah kalau digeber dengan kecepatan tinggi.

Konsumsi Bahan Bakar - Untuk konsumsi bensin New Honda MegaPro berkisar diantara 40 km/jam untuk pemakaian normal di kondisi Jakarta. Sedangkan konsumsi bahan bakar Yamaha Byson berkisar di 32 km/jam.

Adu Cepat New Honda MegaPro vs Yamaha Byson

Soal adu kecepatan kedua motor. New Honda MegaPro lebih unggul di putaran rendah. Akselerasinya terasa mantap. Sebaliknya Yamaha Byson lebih dominan di putaran atas, untuk performa di putaran bawah Yamaha Byson sedikit lebih kalem. Melalui uji performa kedua motor dengan racelogic, top speed New Honda MegaPro dan Yamaha Byson masih sama berimbang, yang mentok di kecepatan 111 km/jam. Tapi untuk jarak tempuh 0-60 hingga 100km/jam,  New Honda MegaPro lebih unggul dalam hal tarikan. Untuk bobot motor pun tidak berbeda jauh. New Honda MegaPro memiliki bobot 135 kg, sedangkan Yamaha Byson hanya lebih berat 2 kg saja.

Harga New Honda MegaPro dan Yamaha Byson

Komparasi kedua harga motor juga tidak terlalu signifikan. Harga New Honda MegaPro FI terbaru dibanderol Rp.20.450.000,- .Sedangkan Harga Yamaha Byson dibanderol Rp.21.250.000,- 

Demikianlah informasi mengenai Perbandingan New Honda MegaPro vs Yamaha Byson Review Lengkap. Semoga bermanfaat :-)

artikel spekmotor lainnya mengenai:

1 comment:

Bimo Sakti Isa Candi said...

diganti dong satuan konsumsi bensin nya jadi km/liter dijelaskan pakai pertamax apa premium

Post a Comment