spekmotor. Powered by Blogger.

Yamaha RX King: si Motor Jambret Legendaris

Yamaha RX King: si Motor Jambret Legendaris - Bagi para biker yang sudah membesut motor sejak tahun 90-an tentu mengenal betul dengan Yamaha RX King. Motor bermesin 2-tak tersebut masih dianggap sebagai salah satu motor 'raja jalanan' hingga saat ini. Yamaha RX King merupakan salah satu motor legendaris Yamaha. Sejak diluncurkan pertama kali pada pertengahan tahun 1983, motor berjenis naked bike ini menjadi salah satu motor terlaris di kalangan pecinta motor kebut. Sampai-sampai pada era-nya dulu, RX King dianggap sebagai simbol maskulin bagi setiap lelaki yang menaikinya.

Kilas Balik Yamaha RX King si Raja 2-Tak Yamaha

Yamaha RX King
Yamaha RX King
Yamaha RX King juga mempunyai julukan 'motor jambret' yang masih melekat di kalangan biker hingga hari ini. Konon, julukan tersebut bermula dari tingginya angka kejahatan di jalan raya pada masa itu dengan jumlah pelaku yang rata-rata membesut motor ini saat menjalankan kejahatannya. Melirik performa mesin, motor RX King memang terkenal jagonya dalam hal akselerasi dan tarikan nafas yang panjang. Putaran bawahnya cukup menjambak. Laju motor sangat cepat untuk dibawa ngacir. Sehingga tak heran, julukan 'motor jambret' masih identik dengan Yamaha RX King.

RX King
RX King si 'motor jambret'
Menengok jeroan mesin, Yamaha RX King mengusung mesin berkapasitas 135cc, bermesin 2-tak yang mampu menghasilkan power hingga 18,2 Hp pada putaran 9000rpm dengan torsi maksimum mencapa 15,1 Nm pada putaran 8000rpm. Menjajan akselerasi motor, performa RX King sangat gesit di putaran bawah dan atas. Dengan suara knalpotnya yang khas, motor RX King bisa dibawa hingga kecepatan 135 km/jam! Namun, pada masa itu, cukup banyak pengguna yang mengganti knalpot standar dengan model knalpot bobokan yang menjadikan performa dan suara semakin gahar.

Dengan konsepnya yang mengusung motor jalanan, bobot Yamaha RX King termasuk ringan, yaitu hanya 100 kg saja! Hampir sama dengan motor-motor bebek sekarang. Belum lagi kapasitas tangki bahan bakar yang bisa memuat 9,5 liter BBM.

Bicara soal ergonomi motor, dengan konsep motor jadul nan klasik, Yamaha RX King sangat nyaman dikendarai. Volume jok juga tebal dengan posisi setang yang cukup tinggi. Kendati bobot motor terbilang ringan, tapi handling motor tetap stabil meskipun mesin dibesut dengan kecepatan tinggi.

Produksi terakhir Yamaha RX King dihentikan pada tahun 2009 karena sistem pembakaran motor RX King dianggap tidak memenuhi standar buang emisi EURO-3. Sebagai penerusnya, Yamaha pun meluncurkan Yamaha Vixion yang pada tahun 2013 lalu menjadi motor 150cc terlaris di Indonesia.

Saat ini, pecinta motor RX King memang masih cukup tinggi. Hal itu bisa terlihat dari stok motor Yamaha RX King yang masih diburu di dealer-dealer motor bekas maupun leasing.

Spesifikasi Yamaha RX King

Spesifikasi Yamaha RX King
Spesifikasi Yamaha RX King
Demikianlah informasi mengenai Yamaha RX King: si Motor Jambret Legendaris. Semoga bermanfaat :-)

artikel spekmotor lainnya mengenai:

No comments:

Post a Comment