spekmotor. Powered by Blogger.

Perjalanan Panjang & Sejarah Honda Tiger (Pertama-Sekarang)

Perjalanan Panjang & Sejarah Honda Tiger (Pertama-Sekarang) - Dari sekian banyaknya varian motor yang diluncurkan oleh Honda Indonesia (AHM) sejak tahun 90-an, barangkali nama Honda Tiger adalah satu dari segelintir nama yang masih bertahan hingga sekarang. Menilik pada beberapa nama satu angkatannya seperti GL Pro, GL Max, Astrea, dan sejumlah nama kelas motor bebek lainnya, rata-rata sudah disetop produksinya. Tentunya dengan bertahannya usia Honda Tiger di pasaran membuat motor ini memiliki keistimewaan tersendiri dibandingkan varian lainnya. 

Sejarah Honda Tiger 2000 di Indonesia

Sejarah Honda Tiger
Perjalanan Panjang dan Sejarah Honda Tiger 2000

Honda Tiger (atau yang juga sering disebut Honda Tiger 2000) diluncurkan pertama kali pada tahun 1993 dengan nama GL200. Pada awal peluncuran, motor ini langsung sukses di pasaran, terutama dengan statusnya sebagai motor lelaki dengan kapasitas mesin terbesar. 

Dengan besarnya kapasitas motor  menjadikan Honda Tiger sebagai motor termahal Honda pada saat itu. Fokus pasar Honda Tiger lebih condong ke pengguna motor touring dan adventure. Pesaing terkuatnya saat itu adalah Yamaha RX-King bermesin 2-tak yang sudah dipensiunkan sekarang ini. 

Secara teknis, Honda Tiger mengusung mesin bawaan dari GL Pro Neo Tech yang terbukti bandel dan tahan banting. Selain itu, sparepart motor ini juga sangat fleksibel karena bisa menggunakan parts dari keluarga CB100, GL100 atau GL Pro. Untuk sektor desain bodi, Honda Tiger 2000 memang sedikit mewarisi bentuk bodi CB 100. Bukan itu saja, karena sebagian besar komponen dan jeroan dalam hingga luar milik CB 100 pun bisa disematkan pada Honda Tiger.

Keistimewaan dan ketangguhan Honda Tiger 2000 membuatnya menjadi salah satu motor legendaris milik Honda yang masih bertahan hingga hari ini. Tak kurang dari 20.000 klub berbasis komunitas Honda Tiger yang tersebar di seluruh pelosok nusantara. Larisnya angka penjualan yang stabil pada motor ini juga menjadi salah satu alasan mengapa motor ini masih tetap langgeng sampai sekarang.

Perjalanan Panjang Honda Tiger 2000 dari tahun 1993-2012

1993 - Honda Tiger meluncur pertama kali dengan desain headlamp yang bulat serta lampu belakang model bohlam tunggal.

1997 - Perubahan logo Honda Tiger 2000 untuk pertama kalinya dilakukan. Pada bagian headlamp dan seins berwarna chrome.

1998 - Honda Tiger 2000 mengeluarkan versi velg racing dengan ukuran 18 inci. Pada masa itu, Honda Tiger 2000 dihadapkan dengan 2 kompetitor baru yang bermunculan seperti Yamaha Scorpio dan Suzuki Thunder 250.

2005 - Desain terbaru Honda Tiger 2000 tampak pada bagian bohlam belakang dengan model 2 bohlam sjajar serta reflektor pada headlamp depan berbentuk berlian.

2006 - Honda melakukan perombakan pada bodi motor Honda Tiger sekaligus merubah namanya menjadi Honda Tiger Revolution Cruiser. Modifikasi dilakukan pada sektor tengki dengan sayap kiri-kanan. Desain bodi lebih tajam dengan tambahan mini visor pada bagian headlamp dan multi-reflector pada lapu belakang. Suspensi juga mengalami perubahan bentuk serta knalpot dengan muffler anti panas. Teknologi SASS diperkenalkan pertama kali pada motor ini.

2008 - Honda memberikan gelar 'Legendary Ride" pada Honda Tiger keluaran terbarunya dengan perubahan desain speedometer, headlamp, backlamp, dan mufller knaolpot. Semuanya hadir dengan desain yang lebih fresh. Gabungan desain lampu depan yang mengkombinasikan lampu bulat dan kotak menjadi daya tarik dan keunikan Honda Tiger.

2010 - Dengan tingginya permintaan headlamp lampu bulat yang masih besar membuat Honda kembali memproduksi Honda Tiger 2000 dengan versi lampu bulat untuk melengkapi Honda Tiger bertipe lampu asimetris yang diluncurkan 2 tahun sebelumnya. 

2012 - Varian terakhir Honda Tiger 2000 yang diluncurkan memiliki penyegaran pada sektor striping dan desain decal yang terlihat leibh berani dan modern. Tersedia 4 pilihan warna dengan kombinasi warna yang cukup atraktif. 

2014? Menurut informasi, pihak Honda sedang menyiapkan Honda Tiger 2000 versi injeksi. Kita tunggu saja seperti apakah tampilan motor legendaris Honda yang satu ini.

Demikianlah informasi mengenai Perjalanan Panjang & Sejarah Honda Tiger (Pertama-Sekarang). Semoga bermanfaat :-)

artikel spek motor lainnya mengenai:

No comments:

Post a Comment