spekmotor. Powered by Blogger.

All New Honda CBR150R vs Yamaha R15 (Perbandingan)

Perbandingan All New Honda CBR150R vs Yamaha R15 - Baik CBR maupun YZF-R, keduanya adalah flagship andalan masing-masing pabrikan di segmen motorsport fairing. Di Indonesia, keduanya bisa dibilang kompetitor. Secara head-to-head, harga keduanya juga mirip-mirip, dengan spesifikasi yang juga tak berbeda jauh. Nah, manakah yang unggul dari keduanya? Berikut adalah perbandingan All New Honda CBR150R vs Yamaha R15 dilihat dari spesifikasi, fitur, dan teknologinya.

Perbandingan All New Honda CBR150R vs Yamaha R15

All New Honda CBR150R Rakitan Lokal
CBR Lokal vs Yamaha R15 
Desain & Bobot
Dalam hal desain, keduanya sama-sama mengusung konsep sporty dan aerodinamis dengan lekukan tajam. Untuk bobotnya, Yamaha R15 lebih ringan dengan bobot kosong 136 kg sedangkan All New Honda CBR150R 143 kg. Untuk dimensinya, motor CBR sedikit lebih lebar dan tinggi walau tidak signifikan. Untuk ukuran tangki, All New Honda CBR150R lebih tinggi dan kekar dibanding Yamaha R15. Sedangkan untuk desain batok lampu, walau sama-sama dual keen eyes, tapi Yamaha R15 terlihat lebih racy dengan sudut melancip runcing. Meskipun demikian, perubahan letak dudukan plat nomor CBR dari headlamp ke bawah dekat spakbor membuat desain headlamp All New Honda CBR150R terlihat lebih cantik dibandingkan CBR versi Thailand.

Spesifikasi Mesin
Melirik spek mesin keduanya, Yamaha R15 menggunakan mesin SOHC 1-silinder, berkapasitas 149,8 cc dengan power maksimal 16,3 Hp pada putaran 8500 rpm serta torsi hingga 14,5 Nm pada putaran 7500 rpm. Sedangkan All New Honda CBR150R menggunakan mesin DOHC, 1-silinder berkapasitas 149,5 cc dengan power hingga 16,89 Hp pada putaran 10.500 rpm dengan torsi puncak hingga 13 Nm pada putaran 7500 rpm. Tapi untuk urusan putaran tinggi, karakter mesin DOHC lebih diunggulkan dibandingkan mesin SOHC.

Membandingkan performa All New Honda CBR150R vs Yamaha R15 memang tidak berbeda jauh. Untuk powernya, CBR150R lebih unggul 0,6 Hp dari Yamaha R15, walau untuk mencapai peak performancenya, CBR perlu menggeber rpm hingga 10.500, sedangkan R15 cukup 7500 rpm saja untuk menyentuh angka 16,3 hp.

Dalam hal akselerasi, Yamaha R15 sedikit lebih unggul dari All New Honda CBR150R. Meskipun demikian, akselerasi CBR lokal sudah disempurnakan dibandingkan CBR Thailand melalui settingan ulang di bagian ECU dan ukuran gir belakang yang dinaikkan dari 43 ke 46. Membandingkan performa CBR150R dan Yamaha R15, keduanya bisa dikatakan berimbang.

Rangka
Melihat bagian sasis All New Honda CBR150R vs Yamaha R15 adalah membandingkan rangka truss frame dengan deltabox. Untuk urusan kestabilan, sasis deltabox sedikit lebih kokoh dan stabil dibanding model truss frame yang terdiri dari rangkaian pipa besi.

Ergonomi / Ride Position
Dalam hal posisi berkendara, Yamaha R15 lebih merunduk dengan jok belakang yang juga lebih tinggi. Untuk ergonomi lebih nyaman All New Honda CBR150R dengan sudut setang tidak terlalu ceper kebawah. Selain itu, jok pembonceng CBR juga tidak terlalu tinggi dan lebih mudah dinaiki.

Fitur, Speedometer, Knalpot, Instrumen
Dalam hal fitur, All New Honda CBR mengunakan velg dan ban yang lebih lebar dibanding Yamaha R15, sehingga tampilan kaki-kaki CBR150R terlihat lebih kekar. Tapi kekurangan ini bisa ditutupi oleh swing arm Yamaha R15 yang ekslusif dirancang dengan bahan alumunium seperti yang digunakan moge-moge di arena MotoGP. Menengok sedikit keatas, All New Honda CBR150R juga punya handle pembonceng agar boncenger tidak merosot kedepan. Fungsional lainnya juga bisa berguna untuk menggeser-geser motor saat di parkiran.
Speedometer All New Honda CBR150R vs Yamaha R15
Speedometer All New Honda CBR150R vs Yamaha R15
Sedangkan untuk perbandingan All New Honda CBR150R vs Yamaha R15 di bagian speedometer, keduanya mengkombinasikan instrumen analog dan digital. Tapi untuk angka digital di bagian speedometernya terlihat lebih besar milik Yamaha R15. Untuk kelengkapan fitur, speedometer CBR lebih lengkap dengan tambahan temperatur suhu, jam digital dan ECU control. Sementara untuk masalah mana lebih bagus  kembali ke masing-masing individu.

Melirik ke bagian panel kemudi, Yamaha R15 sedikit lebih lengkap dari All New Honda CBR150R dengan adanya tambahan fitur engine kill dan lampu pass beam. Pada bagian jalu setang juga R15 dilengkapi dengan bahan alumunium membuatnya terkesan lebih ekslusif.

Untuk bagian knalpot, All New Honda CBR150R terlihat sedikit lebih ekslusif dengan kombinasi cover warna chrome dan hitam. Tapi desain knalpot terlihat lebih minimalis dibanding knalpot Yamaha R15 yang lebih detil dan berliku-liku. Yang menarik di knalpot R15 ada emblem warna krom berlogo R15.
Knalpot All New Honda CBR150R vs Yamaha R15
Knalpot All New Honda CBR150R vs Yamaha R15
Nah, itulah review antara All New Honda CBR150R vs Yamaha R15 (Perbandingan). Semoga bermanfaat :-)

artikel spekmotor lainnya mengenai:

No comments:

Post a Comment