spekmotor. Powered by Blogger.

4 Motor Polisi Ukuran Moge Yang Melegenda Sampai Sekarang

Motor Polisi Ukuran Moge Yang Melegenda - Jika anda penggemar film-film action, tentunya familiar dengan motor polisi ukuran moge, atau yang awamnya terkadang kita sebut dengan motor chip. Ciri khasnya selalu identik dengan tampang klasik, ukuran mesin gambot, lampu bulat, setang agak tinggi, dsb. Meskipun di jaman modern ini, sudah banyak polisi-polisi yang menunggangi motor modern, seperti Ducati, Harley Davidson, Triumph, dsb. Tapi tak jarang, motor ala moge adventurer atau cruisher masih jadi trademarknya motor - motor polisi.

Nah, diantara sekian banyaknya jenis motor polisi, setidaknya ada 4 nama yang cukup melegenda dipakai sebagai motor polisi. Hal yang membuat nilainya semakin tinggi, keempat motor ini juga bisa dikategorikan motor yang sangat langka produksinya. Apa sajakah itu?

Motor - Motor Polisi Ukuran Moge Yang Melegenda Dengan Jumlah Yang Langka

Indian Ace Four (1928)

motor polisi
Sebagai salah satu pabrikan motor tertua di Amerika, Indian punya 1 nama yang lumayan melegenda di kalangan motor polisi, yaitu Ace Four yang diproduksi pertama kali tahun 1928. Motor polisi ini dibekali dengan mesin berkapasitas 1.265 cc. Meskipun kapasitasnya gambot, tapi top speed motor jadul ini hanya dikisaran 100 km/jam saja sebelum akhirnya diupgrade menjadi Police Special yang bisa digeber sampai 144 km/jam. Pada jaman dulu, top speed demikian juga sudah dianggap kencang, bro!

Honda CB450 Police Special (1955)

moge polisi
Nama CB series dari Honda tentunya sudah tidak asing lagi di kalangan biker. Nyatanya varian CB450 pernah jadi motor polisi yang cukup terkenal di tahun 1950-an. Yang lebih ekslusifnya lagi, CB450 hanya diproduksi khusus untuk kepolisian saja dan jumlahnya cuma ada 25 unit saja sebelum akhirnya di stop produksinya! Kira-kira masih ada berapa unit ya yang masih tersisa sampai sekarang?

Norton 500cc (1931)

motor chip polisi
Merek yang satu ini memang pernah menonjol di era 1930-50-an di lintas sirkuit. Salah satu keunikan motor polisi ini adalah keberadaan gandengan 'side car' boncengan menyerupai mobil mini yang dipasangkan disebelahnya. Uniknya, meskipun buatan Inggris, motor polisi ini bisa dikatakan hampir tak ada di Inggris! Menurut perjalanan sejarahnya, motor ini dibuat oleh koloni Inggris saat menduduki Hongkong.

Triumph Thunder GT 650

motor gede polisi
Thunder GT adalah salah satu mahakarya Triumph pada eranya. Performa mesinnya yang dirancang dengan spek balap oleh insinyur Triumph mampu dibesut hingga 160 km/jam. Hal ini yang membuat motor ini dipakai oleh kepolisian pada tahun 60-an. Namun, dengan performanya yang terbilang sangar pada eranya, motor ini malah dipakai untuk kejuaraan balap pada masa itu dengan oprekan mesin / tuning tambahan.

Nah, bagaimana menurut anda setelah melihat motor - Motor Polisi Ukuran Moge  legendaris diatas? Unik bukan?

Demikianlah informasi mengenai 4 Motor Polisi Ukuran Moge Yang Melegenda Sampai Sekarang. Semoga bermanfaat :-)

Artikel Spekmotor lainnya mengenai:

No comments:

Post a Comment