spekmotor. Powered by Blogger.

Honda CBR650F: Spesifikasi Teknis, Aksesoris & Konsumsi BBM

Honda CBR650F pertama kali diperkenalkan di ajang EICMA 2014 silam. Moge ini juga sempat dipertunjukkan di IMOS 2014 di Jakarta. Moge yang satu ini dirancang dengan fokus pada keseimbangan antara handling, ergonomi dan tampilan. Dari segi ekononis, pihak R & D Honda di Eropa mengklaim konsumsi bahan bakar CBR650F mencapai 59,3 mile per-gl atau setara 25,2 km/liter. Hmmm, irit juga yakk..

Menengok sektor dapur pacu, Honda CBR650F dibekali dengan mesin DOHC 4-silinder sejajar, 16-katub, berkapasitas 649cc. Menurut sumber cycleworld, Honda CBR650F mampu menghasilkan power hingga 87 hp pada putaran 11.000 rpm dan torsi hingga 62,3 Nm pada putaran 8.000 rpm. Top speed CBR650F mampu digeber hingga kecepatan maksimum 250 km/jam.

Di dukung dengan sasis model twin-spar menjamin handling motor tetap stabil dan ringan. Di perangkat pengereman juga sudah dibekali dengan rem ABS depan belakang dengan kaliper Nissin 2-piston di depan dan 1-piston dibelakang. Untuk bagian kaki-kaki, ukuran ban masih sama dengan CBR600RR dengan kombinasi 120/70-17 dan 180/55-17 (depan-belakang). Untuk kapasitas tangkinya mencapai 17 liter terisi penuh.

Honda CBR650F 2015
review Honda CBR650F

Fitur dan Kelebihan Honda CBR650F

Frame - Melirik sasis mesin, Honda CBR650F dibekali dengan Twin-spar frame yang solid dengan fokus handling yang lincah dan sempurna.

Inline-Four - Dengan mesin 4-silinder sejajar, power Honda CBR650F dirancang lebih smooth dengan power yang menonjol di putaran bawah dan menengah. Berbeda dengan CBR600RR yang dominan di putaran menengah-atas. Karakter CBR650F cocok untuk digunakan harian dengan torsi besar yang menghasilkan akselerasi yang responsif.

Panel Instrumen - Desain speedometer full digital CBR650F memang sangat berbeda dengan CBR600RR. Instrumen yang tersedia disini sangat lengkap. Layar LED nya menjamin penglihatan yang jernih di segala situasi, baik siang dibawah terik matahari, maupun malam hari. Berbagai informasi yang tersedia disini termasuk speedometer, oddometer, tachometer, tripmeter, digital analog, indikator BBM, dll.

Ergonomi - Berbeda dengan pendahulunya CBR600RR, konsep CBR650F dirancang lebih tegak hingga cocok dipakai untuk dikendarai lama tanpa harus merasa pegal-pegal. Teknologi Clip-on Handlebars yang diaplikasikan pada CBR650R dirancang dengan akurat melalui rumusan ergonomi dan geometri untuk mendapatkan sensasi sporty sekaligus kenyamanan maksimal saat berkendara.

Kaki-Kaki - Di sektor kaki-kaki sudah dilengkapi dengan ban tapak lebar dengan rem ABS sebagai pengereman standarnya. Di bagian suspensi depannya,  kendati tampilan teleskopik terkesan kurang sporty dibanding CBR600RR dengan upside-down nya, namun dari segi kenyamanan, suspensi jenis ini yang didukung dengan fork berdiameter 41mm jelas lebih bisa diandalkan.

Aksesoris Resmi Honda CBR650F

Untuk mempercantik tampilan Honda CBR650F, pabrikan Honda juga meluncurkan 9 macam aksesoris resmi, antara lain:
  • Tankpad - aksesoris berbahan rubber kevlar berkualitas.
  • Handgrip ekslusif - aksesoris tambahan untuk menyempurnakan daya genggam sekaligus anti-selip.
  • Stiker list velg - berupa stiker warna yang ditempelkan di rims atau pinggiran velg untuk menambah kesan sporty.
  • Single Seater (merah, biru, hitam) - aksesoris tambahan berupa jok tunggal ala tunggangan MotoGP
  • Key Cylinder Set - Tool kit ini diperlukan untuk pemasangan box aksesoris dan rak pembonceng tambahan.
  • Cover motor - aksesoris tambahan berupa terpal untuk menutupi motor dari sengatan matahari.
  • Rak pembonceng - fitur fungsional ini berguna untuk berbagai keperluan.
  • Stiker carbon hugger - terbuat dari lapisan berbahan karbon anti panas. Lumayan untuk mendongkrak tampilan agar lebih sporty.
  • Box serbaguna - Box fungsional ini bisa dipakai untuk menaruh berbagai barang bawaan. Kapasitasnya mencapai 35 liter.
  • Windshield touring - Tudung depan variasi ini lebih tinggi dibanding windshield standarnya. Cocok untuk keperluan touring atau yang sering berpergian keluar kota.
Melihat di situs Honda global, harga masing-masing aksesoris resmi diatas dibanderol dengan harga yang lumayan selangit. Cukup wajar memang kalau melihat kelas moge 650cc ini sudah bisa dikategorikan motor menengah-keatas. Kita lihat saja, apakah PT AHM juga bakal meluncurkan semua aksesoris dibawah ini?
aksesoris Honda CBR650F
aksesoris Honda CBR650F

Spesifikasi Honda CBR650F vs CBR600RR (Komparasi)

Di Indonesia sendiri, kabarnya moge berkapasitas 650cc ini bakal dibanderol dengan harga Rp. 235 juta bersamaan dengan CBR1000RR Fireblade dan 4 varian lainnya. Untuk harga cicilan bisa membaca artikel: Harga Moge Honda 2015 & Cicilan Harga nya. Sementara di Thailand, moge terbaru Honda ini dibanderol Rp. 100 jutaan. Harga resmi setelah rilis akan kami update kemudian.

Untuk pilihan warnanya, ada 3 macam yang diluncurkan oleh Honda global. Tapi yang dipasarkan oleh PT Astra Honda Motor yang diketahui sejauh ini sepertinya mengarah ke varian RWB (Tricolors). Berikut adalah detil spesifikasi Honda CBR650F terbaru 2015.

Membandingkan spesifikasi CBR650F dengan CBR600RR memang ada perbedaan. Salah satunya adalah diameter Stroke 650F lebih besar dibanding Stroke CBR600RR (42,5mm). Rasio kompresi 650F pun lebih kecil, yaitu 11,4:1. Sedangkan di bagian injeksinya, CBR600RR sudah menggunakan teknologi DSFI seperti CBR1000RR Fireblade. Dari segi power, varian 600RR mampu menghasilkan power hingga 118 hp pada putaran 13.500 rpm!
spesifikasi CBR650F
spesifikasi CBR650F
Demikianlah informasi mengenai Honda CBR650F: Spesifikasi Teknis, Aksesoris & Konsumsi BBM. Semoga bermanfaat :-)

Artikel spekmotor lainnya mengenai:

1 comment:

dokter vimax said...
This comment has been removed by a blog administrator.

Post a Comment