spekmotor. Powered by Blogger.

Efek Positif Negatif Knalpot Racing Pada Sepeda Motor

Efek Positif Negatif Knalpot Racing Pada Sepeda Motor - Knalpot racing atau free flow yang marak dijual dipasaran memang banyak jadi incaran pengendara motor. Tak heran kalau produsen knalpot racing semakin menjamur tahun-tahun belakangan. Sadar tidak sadar penggantian knalpot standar dengan racing ternyata ada positif negatifnya juga. Apa sajakah itu?

Efek Positif Negatif Knalpot Racing Pada Sepeda Motor

Efek Positif Knalpot Racing

Umumnya knalpot racing dibuat tanpa sekat (blong), sehingga aliran gas buang jadi lebih lancar. Efeknya performa motor lebih bertenaga. Tak heran kalau pengujian melalui alat pengukur kecepatan kerap menunjukkan adanya peningkatan power dengan nilai yang bervariatif, mulai dari 0,2 dk hingga diatas 1 dk! Cukup terasa juga efeknya untuk pemakaian harian.

Efek Negatif Knalpot Racing

Knalpot standar memiliki sekat-sekat di dalamnya. Sekat ini berfungsi ganda. Salah satunya sebagai penahan sisa gas buang agar tidak langsung terbuang semua melainkan tertahan sebagian lalu difungsikan sebagai tendangan balik untuk menciptakan akselerasi / daya dorong. Efek tendangan balik ini juga membantu klep agar bisa balik ke posisi semula sesaat setelah langkah buang.

Tanpa adanya efek tendangan balik ini membuat mesin jadi lebih cepat panas karena deposit gas masuk dengan buang tidak seimbang. Tak heran kalau efek negatif knalpot racing yang sering dikeluhkan rider kebanyakan adalah mesin terasa kering, mesin berteriak, akselerasi agak lemot, dll. Tak jarang kita harus membuka selongsong gas lebih besar untuk mendapatkan akselerasi. Efeknya bensin jadi boros. Untuk jangka panjang bisa menyebabkan kerusakan pada piston dan silinder.

Solusi Mengatasi Efek Negatif Knalpot Racing

Solusi mengatasi efek negatif knalpot racing ini bisa dicoba dengan mensetting ulang spuyer / karburator untuk motor karbu. Untuk motor injeksi bisa diakali dengan mensetting ulang udara (co) atau dengan penambahan part aftermarket seperti o2 manipulator, piggyback, atau ECU.

Dengan settingan yang tepat, bukan saja membuat performa lebih josss.. konsumsi BBM pun jadi lebih irit. Tak perlu membuka selongsong gas terlalu banyak untuk mengail akselerasi. Silahkan dibandingkan bro, antara setting dengan tanpa setting :-)

Demikianlah informasi mengenai Efek Positif Negatif Knalpot Racing Pada Sepeda Motor. Semoga bermanfaat.

Artikel spekmotor lainnya mengenai:

No comments:

Post a Comment