spekmotor. Powered by Blogger.

Bedah Teknologi Canggih Honda CBR1000RR Fireblade SP

Bedah Teknologi Canggih Honda CBR1000RR Fireblade SP - Honda CBR1000RR adalah salah satu flagship Honda di segmen superbike. Moge dengan kapasitas 999,8cc ini memang punya power sangar dengan tenaga maksimum hingga 178,3 hp pada putaran 12.250 rpm dan torsi hingga 114 Nm pada putaran 10.500 rpm. Untuk sejarah dan spesifikasi Honda CBR1000RR bisa membaca tulisan sebelumnya disini.
Teknologi Canggih Honda CBR1000RR Fireblade SP

Sejak pertama kali meluncur tahun 2004, Honda CBR1000RR telah 7x mengalami perubahan, baik dari segi tampilan, performa, hingga fitur. Dan untuk varian terakhirnya juga dikenal secara meluas dengan nama CBR Fireblade. Sedangkan, yang dipasarkan oleh PT Astra Honda Motor di Indonesia tak lain adalah varian Special Production (SP) nya. Nah, apa sajakah fitur dan teknologi canggih Honda CBR1000RR Fireblade SP yang satu ini?

8 Teknologi Canggih Honda CBR1000RR Fireblade SP

Teknologi Injeksi

teknologi Honda CBR1000RR Fireblade
Teknologi injeksi CBR1000RR pertama kali diaplikasikan tahun 2004, menggantikan pembakaran CBR generasi sebelumnya yang berkapasitas 954cc dengan mesin karburator. Berbeda dengan teknologi injeksi motorsport Honda lainnya, terutama yang beredar ditanah air dengan PGM-Fi nya. CBR1000RR Fireblade bekerja dengan 2 sensor injeksi (PGM-DSFi). Sepasang sensor injeksi ini melayani 4-silinder sekaligus. Cara kerja injektor ini terbagi jadi 2 macam, yaitu primer (di bawah) dan sekunder (di atas). Injektor pertama bekerja sejak putaran bawah, sedangkan injektor kedua baru bekerja saat mesin menyentuh rpm 5.000. Kedua injektor diatur oleh sensor ECM di dalam mesin injeksi. Dengan teknologi injeksi 2 tingkat ini menjamin distribusi tenaga lebih terisi dari putaran bawah hingga ke atas.

Teknologi Knalpot

knalpot CBR1000RR Fireblade
Teknologi Honda CBR1000RR Fireblade SP lainnya juga terdapat pada bagian pembuangannya. Kalau kita teliti lebih seksama, ada 2 lubang knalpot (atas-bawah) pada CBR1000RR. Pada putaran rendah, hanya lubang bawah yang bekerja. Mulai di rpm 3000 keatas, kedua lubang baru berfungsi. Teknologi knalpot CBR1000RR ini diatur oleh klep dan kabel melalui perintah dari ECM.

Teknologi Intake Air Duck Control (IDC)

teknologi Intake Air Duct Control CBR1000RR
Menengok bentuk headlamp bagian bawah CBR1000RR Fireblade SP, secara kasat mata ada celah yang menjorok ke dalam. Secara awam tanpa disadari, lubang celah tersebut berfungsi sebagai air intake (lubang pengatur aliran udara masuk). Canggihnya, aliran udara ini bisa membuka-tutup seiring dengan tingginya putaran mesin. Dan lagi-lagi cara kerjanya diatur oleh Electronic Control Module (ECM).

Teknologi Assist Slipper Clutch

Teknologi di ruang girboks dan kopling ini berfungsi meringankan kinerja kopling yang terhubung dengan kruk-as dan roda belakang, sehingga motor lebih mudah dikendalikan saat naik-turun gigi. Baik saat akselerasi maupun deselerasi.

Teknologi Suspensi

Suspensi Honda CBR1000RR

Teknologi Honda CBR1000RR Fireblade SP adalah warisan dari Honda RC211V di MotoGP. Suspensi jenis Pro-Link dari Ohlins ini tidak menempel di rangka, melainkan di swing-arm langsung. Kinerja teknologi ini memberikan kestabilan tinggi saat bermanuver serta menjaga traksi ban ke aspal lebih maksimal.

Teknologi Pengereman

teknologi Honda CBR1000RR Fireblade SP
Teknologi Honda CBR1000RR Fireblade SP lainnya ada di bagian pengereman dengan dibekalinya teknologi eC-ABS (Electronic Combined Anti-Lock Braking System). Teknologi ini juga diatur oleh ECM sehingga efek panic braking bisa diredam lebih sempurna.

Teknologi Damper

teknologi Damper CBR Fireblade

Honda CBR1000RR Fireblade SP juga dibekali dengan teknologi Steering Damper (HESD) yang terletak di balik cover tangki. Kerja teknologi ini berfungsi menjaga kestabilan saat motor digeber di kecepatan tinggi. Cara kerja HESD ini adalah sebagai peredam getaran. Namun, HESD akan mengunci getaran lebih keras seiring dengan meningkatnya kecepatan.

PCM

Teknologi PCM ini berfungsi sebagai pengatur kinerja dari DCT, juga sebagai sensor yang menyimpan sejumlah parameter secara elektronik

Demikianlah informasi mengenai Bedah Teknologi Canggih Honda CBR1000RR Fireblade SP. Semoga bermanfaat :-)
 
Artikel spekmotor lainnya mengenai:

No comments:

Post a Comment