spekmotor. Powered by Blogger.

Tes Speedometer vs GPS: Mana Lebih Akurat? Deviasi & Pelencengannya

Deviasi Speedometer vs GPS: Mana Lebih Akurat? (Tes Honda CBR150R) - Konon speedometer yang sedianya sebagai alat untuk mengukur kecepatan sepeda motor memang dirancang dengan tingkat deviasi (pelencengan) yang sedikit berbeda dengan kecepatan laju yang sesungguhnya. Misalnya, saat jarum speedo menunjukkan angka 100 km / jam, maka kecepatan sesungguhnya hanya 90-an km /jam. Ada alasan teknis maupun non-teknis mengapa angka deviasi atau pelencengan terjadi. Secara teknis bisa disebabkan oleh keterbatasan speedo dalam menerjemahkan informasi yang diterima dari kabel sensor.  Atau bisa juga karena faktor kesengajaan dari pihak pabrikan dengan alasan safety.

Pelencengan & Deviasi Speedometer vs GPS ( Test Honda CBR150R )

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, aplikasi GPS kerap dijadikan acuan untuk mengukur kecepatan sesungguhnya laju kendaraan maupun untuk mengukur deviasi / pelencengan angka speedometer. Pertanyaannya, seberapa akurat kah angka pada GPS untuk mengukur kecepatan sepeda motor. Untuk mengujinya, kali ini kita bereksperimen sedikit dengan beberapa aplikasi GPS pengukur kecepatan.

Sepeda motor yang dipakai adalah Honda CBR150R. Kecepatan sepeda motor on speedo dibatasi 80 km/jam saja. Pengukuran dilakukan secara bergantian dengan sepeda motor yang sama. Berikut adalah hasil masing-masing GPS:

GPS Speed Tracker

Top speed on speedometer: 80 km / jam
Top speed on GPS: 71,6 km / jam
Deviasi / Pelencengan: 10,5 %

GPS Speedometer

Top speed on speedometer: 80 km / jam
Top speed on GPS: 72 km / jam
Deviasi / Pelencengan: 10 %

Ulysse Speedometer

Top speed on speedometer: 80 km / jam
Top speed on GPS: 73 km / jam
Deviasi / Pelencengan: 8,75 %

SpeedView GPS Lite

Top speed on speedometer: 80 km / jam
Top speed on GPS: 70 km / jam
Deviasi / Pelencengan: 12,5 %

Nah, dari hasil pengujian dengan 4 jenis aplikasi yang berbeda didapati deviasi dan pelencengan yang berbeda-beda. Mulai dari 8,75 - 12,5%. Jadi manakah yang lebih akurat antara speedometer dan GPS? Dari hasil pengujian, pelencengan informasi masing-masing GPS pun masih berbeda satu sama lain, ada di kisaran 0 - 3,7%. Oleh karenanya, angka di GPS pun tidak ada yang 100% akurat. Beberapa hal yang mempengaruhinya bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti kecepatan koneksi internet, kecepatan processor smartphone dalam menjalankan aplikasi, maupun perbedaan bahasa pemrograman masing-masing GPS. Untuk melengkapi informasi yang ada, masih ada beberapa aplikasi GPS lainnya yang akan kita coba juga nantinya. Update menyusul...

Demikianlah informasi mengenai Tes Speedometer vs GPS: Mana Lebih Akurat? Deviasi & Pelencengannya. Semoga bermanfaat :-)

Artikel spekmotor lainnya mengenai:

No comments:

Post a Comment