spekmotor. Powered by Blogger.

Motor Suzuki: Statistik Penjualan 2013 & Harga 2014

Motor Suzuki adalah salah satu leader di pasar motor di Indonesia. Bersama dengan pabrikan lain seperti Honda, Yamaha, Kawasaki, mereka cukup mendominasi pasar, terutama untuk pasar motor bebek. Melirik hasil penjualan Motor Suzuki pada periode Mei hingga Oktober 2013, ternyata mengalami penurunan dalam hal penjualan.

Semasa periode 6 bulan tersebut, motor Suzuki yang terjual tercatat hanya 1.056 juta unit saja untuk pasar di seluruh dunia! Angka penjualan tersebut lebih kecil dibandingkan tahun sebelumnya yang mampu membukukan penjualan sanyak 1.177 juta unit diseluruh dunia.  Untuk pasar lokal di Indonesia, jumlah penjualan motor Suzuki tersebut memang kalah cukup telak dengan pesaingnya, Honda. Pabrikan berlogo sayap tersebut bahkan mampu mencatatkan pejualan sebanyak 3,4 juta unit untuk masa periode yang sama. Sementara pabrikan garputala, Yamaha dengan nilai penjualan 1,8 juta unit.

Statistik Penjualan Motor Suzuki & Rencana Kenaikan Harga di Tahun 2014

Motor Suzuki
Motor Suzuki

Nampaknya penurunan angka jual motor Suzuki ini juga terjadi di negara konsumtif lainnya seperti USA yang hanya menjual 24.000 unit saja. Lebih sedikit dibandingkan tahun lalu yang menjual 25.000. Sementara untuk penjualan motor Suzuki di Eropa antara tahun ini dengan tahun lalu adalah 30.000 unit berbanding 32.000 pada tahun sebelumnya.

Berdasarkan informasi statistik yang dimuat oleh motorcycle.com, penurunan di negara Asia sendiri mencapai 12,1%. Meskipun demikian, penjualan motor Suzuki di Indonesia adalah satu-satunya market yang mengalami peningkatan dibanding periode tahun lalu. Barangkali tertolong oleh produksi motor Suzuki Satria F150 yang memang cukup banyak diminati di Indonesia.

Menurut rencana, pihak Suzuki akan menurunkan target jumlah penjualan untuk tahun 2014 ini, dari 2.312 juta unit pada tahun lalu menjadi 2.161 juta unit saja! Menurunnya target penjualan motor Suzuki tersebut memang disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah melambungnya nilai dollar. Untuk di Indonesia sendiri, melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar cukup berimbas pada keputusan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) untuk menentukan harga motor Suzuki baru pada tahun 2014 ini.

Menurut Yohan Yahya, selaku kepala Departemen Marketing PT SIS, kenaikan harga motor Suzuki untuk pasar lokal masih bisa ditekan sementara waktu mengingat ketersediaan stok yang masih ada. Namun hal tersebut tak akan bertahan lama tentunya karena stok yang tersedia pun akan habis juga nantinya.

Berbeda lagi pendapat Kazumasa Watanabe selaku Managing Director PT SIS Indonesia. Menurutnya kenaikan harga motor Suzuki pada tahun 2014 ini tergantung pada langkah pesaingnya, Honda Indonesia. Jika Honda menaikkan harga jualnya, maka hal tersebut akan diimbangi oleh Suzuki. Dipastikan, pihak Suzuki akan melakukan penghematan biaya, misalnya jumlah unit penjualan yang akan diproduksi misalnya. Namun dipastikan, kenaikan harga dollar tak akan mempengaruhi kualitas motor Suzuki. 

Demikianlah informasi mengenai Motor Suzuki: Statistik Penjualan 2013 & Harga 2014. Semoga bermanfaat :-)

artikel spekmotor lainnya mengenai:



No comments:

Post a Comment