spekmotor. Powered by Blogger.

Pilot Jet dan Main Jet: Apakah Fungsinya?

Pilot Jet dan Main Jet: Apakah Fungsinya? - Bagi anda yang senang mengoprek mesin atau melakukan servis mesin motornya sendiri pasti mengenal komponen bernama Pilot Jet dan Main Jet. 2 komponen kecil yang sekilas berbentuk seperti baut kecil tersebut terletak di dalam karburator. Apakah fungsi dari keduanya?

Meskipun berukuran mini, tapi keduanya bertanggung jawab dalam mensuplai bahan bakar saat pembakaran terjadi. Meskipun sama - sama bertugas mensuplai bensin serta mengatur campuran bahan bakar dan udara agar tetap pas. Tapi keduanya memiliki tugas yang berbeda satu sama lain. Pilot Jet berfungsi mengatur aliran bahan bakar pada putaran rendah hingga menengah. Sedangkan main jet untuk putaran menengah hingga atas.

Memilih Pilot Jet dan Main Jet Yang Tepat

Pilot Jet dan Main Jet
Pilot Jet dan Main Jet
Setiap motor memiliki ukuran Pilot Jet dan Main Jet yang berbeda-beda. Biasanya, ukuran Pilot Jet dan Main Jet pada mesin standar tak perlu lagi diubah karena sudah sesuai dengan kebutuhan mesin. Tapi, perubahan diperlukan saat mesin atau komponen mengalami perubahan, misalnya jika ingin mengganti knalpot racing. Umumnya perubahan pilot jet diperlukan untuk melancarkan aliran buang.

Pergantian pilot jet yang terlalu besar atau terlalu kecil pun bisa menyebabkan tenaga motor tertahan. Ukuran Pilot Jet yang kekecilan bisa diketahui ketika gas dibuka, jika terdapat jeda, maka ukuran pilot jet perlu diganti dengan ukuran sedikit lebih besar agar tenaga mesin tidak tertahan atau 'brebet'. Sedangkan pergantian pilot jet yang terlalu besar bisa diketahui dari suara mesin terdengar 'ngorok' seperti motor tanpa  filter udara.

Sama seperti halnya Pilot Jet, bagian Main Jet yang kurang tepat menyebabkan tenaga motor terkuras dan  nafas menjadi pendek. Sedangkan ukuran Main Jet yang terlalu besar menyebabkan bensin menjadi boros dan tenaga seperti hilang saat menyentuh putaran atas. Untuk mendapatkan settingan yang paling pas untuk ukuran Pilot Jet dan Main Jet, lebih baik ditangani oleh bengkel ahli.

Demikianlah informasi mengenai Pilot Jet dan Main Jet: Apakah Fungsinya? Semoga bermanfaat :-)

artikel lain-lain seputar motor:

No comments:

Post a Comment