spekmotor. Powered by Blogger.

Lotus C-01 Siap Saingi ZX-14R & Hayabusa si Motor Tercepat

Lotus C-01 Siap Saingi ZX-14R & Hayabusa si Motor Tercepat - Tak bisa dipungkiri, Kawasaki ZXX-14R dan Suzuki Hayabusa GS1300 masih menjadi 2 motor tercepat di dunia saat ini untuk motor produksi massal. Kedua motor tersebut mampu menghasilkan top speed hingga 300 km/jam untuk motor standar pabrikan tanpa modifikasi! Nah, jika keduanya selalu bersaing untuk mendapatkan gelar motor tercepat, maka, tak lama lagi akan mendapat pesaing baru, yaitu Lotus C-01. Barangkali ini adalah gebrakan baru yang dilakukan oleh Lotus yang selama ini 'bermain' di industri mobil kelas premium. Namun, dari info resmi yang dirilis oleh pabrikan asal Jerman tersebut, mereka sudah memiliki ijin resmi produksi motor yang masih berupa prototype yang diberi nama Lotus C-01

Lotus C-01 merupakan karya superbike pertama mereka. Rencananya proyek ini akan melibatkan banyak veteran ahli dibidang motorsport kelas dunia, diantaranya adalah Kodewa yang pernah mendevelop Suzuki Hayabusa, Daniel Simon, designer handal dari Bugatti, serta Holzer Group, perusahaan konstruksi bodi motor balap. Dari bentuk desain prototype yang sudah beredar di internet awal tahun 2014 ini, terlihat jelas konsep Lotus C-01 sangat berbeda dengan Kawasaki ZX-14R maupun Suzuki Hayabusa. Desain lekukan Lotus C-01 menggambarkan motor futuristik yang elegan dengan bentuk full body cover yang menyelimuti separuh badan motor. 

Spesifikasi dan Harga Lotus C-01

Spesifikasi Lotus C-01
Spesifikasi Lotus C-01 (klik untuk memperbesar)

Kabarnya, produksi motor Lotus C-01 ini akan rampung dalam waktu yang tidak terlalu lama, mengingat jeroan dalam akan menggunakan mesin milik Superbike KTM RCSR bertipe Twin Rotax dengan mesin berkapasitas 1.195 cc yang mampu menghasilkan power hingga 200 Hp. Disebutkan bobot motor ini hanya berkisar 180 kg saja. Lebih ringan dibandingkan dengan Hayabusa atau Ninja ZX14R yang berbobot hingga 200kg lebih! Desain sasis Lotus C-01 memang dirancang sangat ringan dengan bahan titanium karbon temuan terbaru yang sangat kuat. Wheelbase motor memang terlihat pendek alias dekat dengan tanah. Untuk panjang bodi sendiri disebutkan hampir mencapai 165 cm. 

Sebagai motor yang diproduksi secara khusus, motor ini hanya akan diproduksi 100 unit saja! Harga per-unit untuk motor ini pun terbilang selangit. Meskipun pihak Lotus masih merahasiakan harga motor ini, namun dari bocoran yang beredar di forum otomotif ternama di internet, kabarnya motor bergaya cafe racer  ini akan dibanderol dengan harga USD 137.450 atau setara Rp.1,5 miliar! Sangat jauh jika dibandingkan dengan Kawasaki ZX-14R si motor tercepat yang dibanderol 'hanya' Rp.300 juta di Indonesia.

Gambar Lotus C-01 si Penantang Motor Tercepat di Dunia

Gambar Lotus C-01
Lotus C-01
Lotus C-01
Nah, cukup menarik bukan? Bagaimana? Tertarik untuk membeli motor ini? Kita tunggu saja hingga masa peluncurannya dan lihat hasil test ride performanya nanti.

Demikianlah informasi mengenai Lotus C-01 Siap Saingi ZX-14R & Hayabusa si Motor Tercepat. Semoga bermanfaat :-)

artikel spekmotor lainnya mengenai:

No comments:

Post a Comment