spekmotor. Powered by Blogger.

Yamaha SR400, si Motor Naked Klasik ala Tahun 70-an

Yamaha SR400 2015 - Bicara soal motor bergaya klasik, nampaknya, beberapa pabrikan mulai mencoba ingin menghidupkan kembali ke era modern ini. Jika Kawasaki ingin meluncurkan Estrella, maka Yamaha pun tak ingin ketinggalan. Belum lama ini mereka merilis sosok motor bergaya klasik mereka yaitu Yamaha SR400. Motor bergaya tahun 70-an ini memang mengusung konsep asli dari SR500 yang dibuat tahun 1978. Yamaha SR400 sendiri menggunakan mesin berkapasitas 499cc. Motor versi terbaru 2014 ini memang baru tersedia dalam warna abu-abu, dan membawa konsep yang sama persis dengan yang meluncur pada tahun 1978, hanya saja untuk jeroan mesin tentu sudah menggunakan teknologi terbaru dengan mesin injeksi sesuai regulasi emisi bahan bakar Euro3 yang berlaku saat ini. 

Untuk sektor kaki-kaki, kesan klasik juga masih kentara betul terutama dengan penggunaan velg krom jari-jari pada depan-belakang. Begitu juga dengan sokbreker belakang yang masih menggunakan model twin ala motor jadul. Untuk rem belakang juga masih menggunakan tromol drum brake. Pada headlamp juga bergaya klasik dengan tampilan bentuk bulat. Sedangkan panel speedometer juga masih menggunakan model analog jarum. 

Sudut ergonomi Yamaha SR400 juga terbilang nyaman. Dengan tinggi motor hanya 31 inci serta jok tempat duduk yang tebal dengan setang yang cukup tinggi. Hal yang cukup unik, Yamaha SR400 tidak memiliki starter listrik, jadi hanya pakai pedal engkol untuk menghidupkan motor. Secara keseluruhan, besutan Yamaha SR400 benar-benar bernuansa seni dan bercita rasa klasik.

Upaya Yamaha untuk menghidupkan kembali motor klasik ini tentu saja bukan tanpa pertimbangan. Menurut Cycleworld, kehadiran kembali Yamaha SR400 merupakan hasil riset panjang yang dilakukan terhadap konsumen di Jepang. Jika Kawasaki Estrella kemungkinan besar akan meluncur di Indonesia, apakah Yamaha SR400 juga akan ikut masuk ke Indonesia juga? Kita tunggu saja perkembangannya. Namun yang pasti hal itu tidak akan terealisasi pada tahun ini, karena Yamaha SR400 baru akan dipasarkan secara global mulai tahun 2015 mendatang.

Yamaha SR400 2015 si Motor Klasik Berteknologi Modern

Yamaha SR400 2015
Yamaha SR400 2015
Demikianlah informasi mengenai Yamaha SR400, si motor naked klasik ala Tahun 70-an. Semoga bermanfaat :-)

artikel spekmotor lainnya mengenai:

No comments:

Post a Comment