spekmotor. Powered by Blogger.

Cara Merawat Aki Kering Motor

Cara Merawat Aki Kering Motor - Aki basah dan aki kering adalah 2 jenis sumber kelistrikan yang digunakan pada sepeda motor dan mobil. Perbedaannya (sesuai namanya), aki basah menggunakan cairan aki sebagai 'bahan bakar' atau sumber kelistrikannya. Sementara aki kering berisi bahan seperti gel di dalamnya.

Umumnya, pada motor-motor terbaru kebanyakan memakai jenis aki kering. Ada kelebihan dan kekurangan dari aki kering ini. Keuntungannya tak usah rutin mengecek dan menambah air aki jika kurang. Selain itu, perawatannya juga lebih mudah.

Meskipun demikian, bukan berarti aki kering tak memerlukan perawatan. Biasanya, aki kering pun masih bisa soak. Jadi, bagaimanakah cara merawat aki kering motor?

Tips dan Cara Merawat Aki Kering Motor & Mobil

Cara Merawat Aki Kering
Cara Merawat Aki Kering
Normalnya, daya tegangan aki kering ada di angka 12 volt. Untuk mengetahuinya bisa dicek menggunakan voltmeter setiap 3-4 bulan sekali. Jika tegangan kurang dari 12V disarankan agar segera menyetrum kembali aki kering sebelum kondisi kelistrikan aki semakin melemah hingga mati total.

Saat setrum aki kering sudah habis, yang bisa dilakukan adalah membeli aki baru. Usia normal aki kering umumnya bertahan selama setahun. Cara merawat aki kJika perawatannya betul, usia aki bisa bertahan lebih dari setahun.

Demikianlah informasi mengenai Cara Merawat Aki Kering Motor. Semoga bermanfaat :-)

artikel spekmotor lainnya mengenai: 

1 comment:

Post a Comment