spekmotor. Powered by Blogger.

Model Kit Motor Tamiya: Mainan Yg Super Rumit & Detil

Model Kit Motor Tamiya: Mainan Yg Super Rumit & Detil - Pada tulisan kali ini, saya ingin membahas tentang model kit / miniatur motor. Pernahkah anda berjalan-jalan ke toko mainan dan melirik mainan miniatur sepeda motor, mobil, heli, dsb? Ada yang berbentuk miniatur (sudah jadi) atau model kit (harus dirakit lagi).

Kalau sobat termasuk kolektor / pecinta mainan miniatur tentunya tahu dengan merek-merek seperti Jada Toys, NewRay, Moisto, Joycity, dll. Replika miniatur atau yang biasa disebut juga Diecast motor tersebut memang layak diacungi jempol tingkat detailnya.

Tapi kalau soal level keakuratan miniatur, sepertinya anda harus melihat dulu diecast sepeda motor keluaran Tamiya!

Harga yang ditawarkan untuk satu kotak model kit Tamiya bekisar Rp. 400 ribu hingga Rp. 1 jutaan! Harga yang cukup wah untuk sebuah mainan miniatur. Tapi kalau kita lihat detil mainannya, siapa pun bisa dibuat geleng-geleng kepala. Apalagi rancangan motor Tamiya naampak sangat mirip dengan aslinya! Mulai dari lekukan fairing, hingga jeroan mesin, parts terkecil, hingga pengkabelan pun semuanya dirancang dengan sangat presisi dan real!
mainan motor Tamiya
mainan motor Tamiya
Model kit Tamiya yang baru dibeli bentuknya masih pecah belah. Ada ratusan parts kecil yang harus anda pasang sendiri selayaknya merancang motor asli. Yang pasti, tidak mudah merakit semua parts yang sangat kecil itu hingga menjadi sebuah diorama motor berukuran 1:12 ukuran nyata itu. Tidak percaya? Mari kita tengok gambar model kit Motor Tamiya dibawah ini:

Diecast Model Kit Motor Tamiya Yang Mirip Dengan Aslinya

Diorama motor Tamiya
Miniatur Motor Tamiya (Honda Repsol)
Miniatur Motor Tamiya (Honda Repsol)
Diecast Tamiya Honda Respol
Model Kit Tamiya Honda Repsol
motor rakitan Tamiya
model kit motor Tamiya
model kit Tamiya Honda Repsol
Model Kit Motor Tamiya
Model Kit Motor Tamiya
Bagaimana? tertarik untuk membelinya? Oh ya, diecast Tamiya yang sudah dirakit warnanya masih polos putih. Perlu ada pengecatan lagi (brushing) dengan tinta khusus dari Tamiya juga. Biasanya, toko-toko mainan kolektor menyediakan jasa perakitan diecast Tamiya berikut ongkos pengecatannya juga. Harganya bekisar Rp. 300 sampai Rp. 500 ribuan atau tergantung tingkat kerumitan! Menurut salah satu penyedia jasa perakitan dan pengecatan motor Tamiya di forum jual beli Kaskus, jasa pengerjaan dari 0 hingga selesai memerlukan waktu sekitar 1 hingga 2 minggu.

Jadi kalau dihitung-hitung, uang yang harus anda keluarkan untuk memiliki miniatur motor Tamiya ini bekisar Rp 1 sampai 1,5 jutaan sudah lengkap dengan warna air brush nya.

Demikianlah informasi mengenai Model Kit Motor Tamiya: Mainan Yg Super Rumit & Detil. Semoga menginspirasi :-)

Artikel spekmotor lainnya mengenai:

1 comment:

MUHAMMAD ICHSAN WIJONARKO said...

gan, bisa minta info buat beli diecast yamaha motogp yg belum rakit? tks

Post a Comment