spekmotor. Powered by Blogger.

Honda S90Z, Motor Honda Pertama di Indonesia

Honda S90Z - Tak bisa dipungkiri, pabrikan Honda memang masih merajai industri otomotif di tanah air. Sejak pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1971 hingga sekarang, pabrikan berlogo sayap itu kerap mencatatkan penjualan tertinggi dibandingkan para pesaingnya.

Di Indonesia sendiri, PT Federal Motors adalah ATPM tunggal yang mendistribusikan motor Honda sebelum akhirnya berubah nama menjadi Astra Honda Motor.

Motor Honda pertama yang meluncur di Indonesia adalah Honda S90Z yang dipasarkan pada tahun 1971. Motor yang menjadi 'sesepuh' nya Honda di tanah air ini mengusung mesin kecil berkapasitas 89,6 cc.

Awal berkiprah di tanah air, angka penjualan motor Honda tak bisa dibilang terlalu sukses. Pada tahun pertama masuk ke Indonesia, motor Honda hanya terjual 1.500 unit saja sepanjang tahun. Bandingkan dengan angka penjualan motor Honda pada tahun 2013 yang menyentuh angka 4 jutaan unit!

Melirik konsepnya, motor Honda pertama ini menggunakan mesin tipe SOHC 4-percepatan dengan kopling manual.

Dengan desain motor yang lumayan digandrungi saat itu, motor Honda pertama ini mampu meningkatkan angka penjualannya sedikit demi sedikit mengalami peningkatan hingga akhirnya digantikan dengan Honda Win 100 yang menjadi legenda motor Honda di era 80-an.

Motor Honda Pertama di Indonesia: Honda S90Z (1971)

Honda S90Z
Motor Honda Pertama
Honda S90Z (image by: Donnie Kaskus)
Nah, apakah anda masih menyimpan Z90Z si motor Honda pertama? Kalau ya, bisa jadi itu jadi barang koleksi yang bernilai tuh! Apalagi motor ini yang menjadi pionir produk Honda di Indonesia.

Demikianlah informasi mengenai Honda S90Z, Motor Honda Pertama di Indonesia. Semoga bermanfaat :-)

Artikel spekmotor lainnya mengenai:

No comments:

Post a Comment