spekmotor. Powered by Blogger.

Plus-Minus Yamaha SMAX vs Suzuki Burgman & Honda PCX

Plus-Minus Yamaha SMAX vs Suzuki Burgman & Honda PCX - Di segmen skuter kelas menengah, Yamaha punya SMax yang merupakan kompetitor dari Suzuki Burgman & Honda PCX. Masing-masing memang punya fitur dan kelebihan tersendiri. Yamaha SMax atau yang juga dikenal dengan nama Yamaha Majesty memang termasuk andalan di segmen skutik. Varian terbaru Yamaha SMAX baru saja dilaunching bertepatan dengan ajang Tokyo Motorcycle Show pada kuartal pertama 2014 silam. Sedangkan Suzuki Burgman & Honda PCX juga punya line-up terbarunya masing-masing. Nah, manakah yang unggul dari ketiga skutik tersebut?

Plus-Minus Yamaha SMAX vs Suzuki Burgman & Honda PCX

Performa & Harga - Melirik spek Yamaha SMAX, jeroan mesin berkapasitas 155cc, berjenis DOHC dengan injeksi YMJET-Fi masih sedikit lebih kecil dari Suzuki Burgman yang berkapasitas 200cc serta berimbang dengan Honda PCX. Hal itu membuat harga Yamaha SMAX sedikit lebih murah dibanding Suzuki Burgman, tapi lebih mahal dari Honda PCX. Hal ini membuat Yamaha SMAX berada ditengah-tengah soal harga.

Bobot - Untuk bobot motor, Yamaha SMAX jauh lebih ringan dibanding Suzuki Burgman dengan bobot hanya 148,7 kilogram berbanding dengan Burgman 200 yang berbobot 162,8 kilogram. Tapi masih lebih berat dari Honda PCX yang berbobot 129 kg.

Kaki-Kaki - Di bagian velg, diameter Yamaha SMAX lebih kecil dengan ukuran 13 inci, sedangkan Honda PCX 14 inci. Lebih kecil dibandingkan Suzuki Burgman yang memang punya kapasitas lebih gambot.

Volume Bagasi - Ruang bagasi Yamaha SMAX punya kapasitas hingga 32 liter. Lebih besar dari Honda PCX yang berkapasitas 25 liter.

Pengereman - Untuk piranti pengereman, Yamaha SMAX harus mengakui keunggulan Honda PCX dengan rem CBS nya. Sedangkan Suzuki Burgman sudah pakai rem ABS.

Harga - Yamaha SMAX yang mulai dipasarkan pada November 2014 di Amerika ini dibanderol dengan harga $3.690 atau sekitar Rp.44 jutaan. Honda PCX sedikit lebih murah. Dan Suzuki Burgman adalah yang termahal dari keduanya dengan banderol selisih sampai $1.300.
Yamaha SMAX vs Suzuki Burgman & Honda PCX
Yamaha SMAX vs Suzuki Burgman & Honda PCX
Dengan begitu, kesimpulannya, untuk masalah fitur dan performa Suzuki Burgman dengan spesifikasi mesin lebih tinggi tentu mengungguli Yamaha SMAZ dan Honda PCX. Tapi untuk fitur-fitur lainnya, Yamaha SMAX termasuk berimbang dengan Honda PCX. Dan pilihan akhir, lagi-lagi kembali ke masalah selera dan isi kantong! Di Indonesia sendiri, PCX dan Burgman sudah dipasarkan oleh PT AHM dan PT SIS. Tinggal Yamaha Majesti (SMAX). Nah, kalau anda. Manakah yang anda pilih?

Demikianlah informasi mengenai Plus-Minus Yamaha SMAX vs Suzuki Burgman & Honda PCX. Semoga bermanfaat :-)

Artikel review lainnya mengenai:

No comments:

Post a Comment