spekmotor. Powered by Blogger.

Review Yamalube Super Sport di CBR150R

Review Yamalube Super Sport di CBR150R - Sedikit mereview seputar oli. Memasuki kilometer 1300an, motor New CBR150R lokal ini sudah ganti 2x oli. Keduanya oli standar pabrikan yaitu MPX dan SPX1. Untuk oli pertama, menurut saya pribadi performanya biasa-biasa saja. Getaran mesin terasa lebih kasar. Baru pakai 600 km langsung saya ganti dengan SPX1. Nah, oli buatan Repsol ini performanya lumayan. Ada diatas MPX. Kelemahannya SPX1 di motor CBR150R lokal yang saya rasakan selama 800km pemakaian ada 2:
  1. Getaran mesin masih tetap terasa, terutama kalau digeber di rpm diatas 7000.
  2. Performa mesin turun saat motor melaju di jalan penuh kemacetan. Menengok viscocity oli ini memang terbilang encer. Komposisinya 10w30.

Review Yamalube Super Sport di CBR150R

review oli yamalube super sport di CBR150R
review Yamalube Super Sport
review oli Yamalube Super Sport
Setelah berdiskusi kesana kemari di forum komunitas CBR dan fanpage CBR, banyak pengguna yang merekomendasikan Motul Ester 5100. Berhubung harganya cukup mahal, alternatif yang dianjurkan ada Shell AX7 dan Idemitsu. Satu nama baru yang juga sedang 'booming' belakangan adalah Yamalube Super Sport. Bermula dari rasa penasaran oli ini yang berhasil mendongkrak torsi motor R25 sampai 0,3 Nm (baca artikel) dan beberapa testimoni dari komunitas R15 di Kaskus, akhirnya saya coba membeli oli berwarna kemasan biru ini. Harganya Rp. 70 ribu / liter. Meskipun oli ini keluaran Yamaha, tapi menurut Roby Sidharta dari Part of Departement PT YIMM, oli ini bisa digunakan disemua jenis motor sport 150cc dan 250cc berjenis 4-tak. 

Setelah mengganti oli Yamalube Super Sport di motor CBR150R lokal, impresi pertama biasa-biasa saja. Hanya mesin terasa lebih halus. Selain itu, di rpm tinggi juga terasa lebih hidup. Powernya lebih ngisi. Menengok spek nya sendiri, komposisi oli memang lebih kental dengan viscocity 10w40, API: SL, dan JASO MA2. Lebih tinggi dari oli standar SPX1 yang masih JASO MA dan API: SJ.

Selain performa lebih menghentak, problem lain seperti suhu mesin panas juga sudah tidak terlalu  terasa lagi. Barangkali dengan tingkat kekentalan oli yang lebih baik, suhu mesin pun sedikit lebih adem. Nah, untuk Review Yamalube Super Sport di CBR150R setelah 500km, 1000km, dan 1500km, akan saya update nanti. Selain, Yamalube Super Sport, rencananya ingin juga menjajal oli lain seperti Shell AX7, Idemitsu, Castrol Power 1, dan Motul 5100. hehe.. Untuk sementara mau coba ngabisin dulu masa pakai oli Yamalube ini.

Demikianlah informasi mengenai Review Yamalube Super Sport di CBR150R. Semoga bermanfaat :-)

3 comments:

victor pamungkas said...
This comment has been removed by the author.
victor pamungkas said...

Review olinya mantap gan, so far banyak yang ga cocok dengan oli bawaan honda yang terbilang encer, untuk pemakaian tropis saya pribadi lebih prever ke 10W-40 sperti yamalube ini. sekalian nitip warung gan..

http://www.victoriousbikers.com/2014/11/review-oli-10w-40-part-1-untuk-cb150r.html

Anonymous said...

bro pke castrol power 1 (yg ga ada tulisan racingnya di bawanya) cbr lokal saya terasa lebih ringan dari rpm2000 hingga 13000 (pke ecu brt limiter bisa 13000) setelah 500 km saya iseng ganti oli yg sama lagi, ternyata oli castrol power 1 yg saya pke warnanya berubah jadi hitam pekat -_- cepet banget lifetimenya. setelah itu saya pke hingga 1200km performa udah turun, perlu di ganti lagi.

Post a Comment