spekmotor. Powered by Blogger.

9 Fitur Terbaru New Honda MegaPro + Test Ride

9 Fitur Terbaru New Honda MegaPro + Test Ride - Kelihatannya Honda Indonesia (AHM) menutup bulan Januari 2014 ini dengan meluncurkan New Honda MegaPro FI. Seperti yang dibahas pada tulisan sebelumnya, New Honda MegaPro FI ini, selain sudah mengusung teknologi injeksi tipe close loop, juga hadir dengan striping dan desain bodi baru. Hanya itu saja kah penambahan fitur New Honda MegaPro? Ternyata tidak! Terdapat beberapa penyempurnaan fitur dan teknologi baru yang terdapat pada motor sport touring berkapasitas 150cc ini. Apa sajakah itu? 

Fitur Terbaru New Honda MegaPro FI 2014

New Honda MegaPro

Pertama, meskipun memiliki spek yang sama dengan Honda MegaPro versi sebelumnya, namun ukuran bore dan stroke versi terbaru menggunakan kombinasi 57,3 mm & 57,8 mm. 

Kedua, bobot kendaraan pada New Honda MegaPro FI dan varian karburator juga berbeda. Untuk versi karburator memiliki bobot 29,2 kg, sedangkan bobot FI mencapai 30 kg. 

Ketiga, teknologi pengapian lawas diganti dengan ECM yang berfungsi ganda sebagai pengapian sekaligus dapur injeksi dengan daya yang lebih besar, yaitu mencapai 137 watt pada putaran lima ribu rpm. Teknologi pengapian ini juga disempurnakan dengan kondensor sebagai penyuplai energi listrik ketika motor dihidupkan dengan memakai engkol. Kondensor ini juga berfungsi menyuplai power tambahan ketika kondisi aki baterai sedang lemah.

Keempat, sektor dapur pacu juga mengalami perbedaan. Honda New MegaPro tidak lagi menggunakan perangkat Secondary Air Supply System (SASS), pengurangan perangkat ini menyebabkan New Honda MegaPro tampak lebih rapi, ditambah lagi dengan cover sirip yang lebih banyak. Masih pada sektor dapur pacu, bagian lubang inlet/outlet blok atau silinder lebih menyerupai Honda Versa150. Ada kemungkinan, versi terbaru Honda Verza juga akan menggunakan mesin yang sama nantinya. Selain itu, letak lubang exhause juga mengalami perubahan sudut yang berpengaruh pada posisi knalpot yang lebih rapi.

Kelima, durasi kem noken as pada New Honda MegaPro juga mengalami perubahan yang hadir dengan 225 derajat. Pada bagian klep juga sedikit membuka 10 derajat sebelum titik mati atas serta menutup pada 35 derajat titik mati bawah. Kombinasi ini sedikit berbeda dengan formula pada Honda MegaPro sebelumnya.

Keenam, teknologi knalpot New Honda MegaPro juga sedikit mengalami perubahan dengan diaplikasikannya 3 sekat isi knalpot sehingga suara menjadi lebih lembut.

Ketujuh, ukuran counter shaft juga lebih panjang dengan ukuran barunya 164,9 mm dari ukuran semula 153mm untuk menyesuaikan ukuran swing arm yang berukuran lebih besar. Ukuran yang lebih lebar ini juga memungkinkan pengguna untuk mengganti ban bertapak lebar

Kedelapan, pada bagian bodi, perubahan kecil terdapat pada bagian shroud dan side cover yang nampak lebih ramping. Untuk bagian tutup tengki bahan bakar masih mengikuti model lawasnya.

Kesembilan, bagian dashboard tak banyak mengalami perubahan kecuali adanya penambahan MIL (malfunction indicator lamp), juga fitur lampu dim pada bagian setang kiri.

Test Ride New Honda MegaPro

Posisi Riding - Untuk sektor jok dan sudut ergonomi New Honda MegaPro ini dirancang cukup nyaman. Sangat cocok untuk dibawa jauh.

Mesin - Untuk sektor mesin, New Honda MegaPro ini memiliki suara yang halus dibandingkan dengan MegaPro versi terakhir sebelumnya. Akselerasi pada putaran rendah sangat responsif. Sangat cocok untuk medan jalanan di perkotaan yang macet.

Demikianlah informasi mengenai 9 Fitur Terbaru New Honda MegaPro + Test Ride. Semoga bermanfaat :-)

artikel spekmotor lainnya mengenai:

No comments:

Post a Comment