spekmotor. Powered by Blogger.

Honda CS1 Akhirnya Stop Produksi. Mengapa CS1 Tidak Laku?


Honda CS1 Akhirnya Stop Produksi. Mengapa CS1 Tidak Laku?  - Setelah mengaspal selama 6 tahun, akhirnya si 'motor belalang' Honda CS1 distop produksinya mulai 2014 ini. Honda City Sport1 atau yang dikenal dengan nama CS1 adalah varian bebek sport milik Honda. Motor yang diluncurkan pada tahun 2008 ini memang dianggap kurang menjual di pasaran. Berdasarkan data penjualan Honda sepanjang tahun 2013 silam, motor ini hanya terjual kurang dari 10 unit saja. Perbedaan yang sangat mencolok jika dibandingkan dengan angka penjualan Honda BeAT atau Vario yang berhasil mencatatkan angka jutaan unit sepanjang tahun.

Pernyataan resmi tentang dihentikannya produksi Honda CS1 ini disampaikan langsung oleh Judhy Goutama selaku Senior Manager Activation Department PT AHM. Menurutnya Honda CS1 distop produksi setelah melalui banyak pertimbangan. Kabar mengenai akan dihentikannya motor ini memang sudah terdengar sejak tahun 2012-13 silam, tapi akhirnya baru terealisasi pada tahun 2014 ini. Menurut Judhy lebih lanjut, angka penjualan Honda CS1 memang jauh dari harapan, sehingga harus di stop produksi. 

Mengapa Honda CS1 Tidak Laku di Pasaran?

Berdasarkan pengamatan spekmotor terhadap beberapa komunitas motor di internet, ternyata cukup banyak yang berpendapat bahwa tampilan motor ini terlihat cukup aneh dengan desain bodi yang lebih besar di depan. Melirik soal desain, pada awalnya, ide bentuk motor ini memang di desain oleh orang Indonesia melalui rancangan sketsa. Namun, setelah rancangan sketsa disetujui dan dikirim ke Jepang, ternyata rancangan banyak mengalami perubahan yang tak sesuai dengan sketsa awal, sehingga jadilah Honda CS1 seperti yang kita lihat saat ini. 

Melirik tampilan Honda CS1 yang menurut banyak orang cukup aneh, sebenarnya memang memiliki keunikan tersendiri karena desain motor terlihat "out of the box". Secara sekilas, konsep motor mendekati model motor ayam jago seperti Suzuki Satria F150 atau Kawasaki Athlete, tapi juga tidak bisa 100% dibilang ayam jago, karena 3 tampilan yang menjadi ciri khas ayam jago seperti: setang jepit, headlamp, dan suspensi depan sama sekali tidak terlihat di Honda CS1.

Pasca di hentikannya produksi Honda CS1 ini, kabarnya, Honda sedang menyiapkan penggantinya. Namun, sepertinya hal itu tak akan terealisasi dalam waktu dekat karena harus melakukan riset pasar terlebih dahulu. Diperkirakan memerlukan waktu sekitar 2 tahun hingga produk pengganti ini muncul. Kita tunggu saja seperti apakah versi pengganti Honda CS1 ini nantinya.

Honda CS1 Stop Produksi: Beberapa Versi Terakhir Honda CS1

Honda CS1 Stop Produksi
Honda CS1 Stop Produksi

Demikianlah informasi mengenai Honda CS1 Akhirnya Stop Produksi. Semoga bermanfaat :-)

artikel spekmotor lainnya mengenai:

No comments:

Post a Comment