spekmotor. Powered by Blogger.

Honda Blade Injeksi, Review, Performa, Spesifikasi, Test Ride

Honda Blade Injeksi, Review, Performa, Spesifikasi, Test Ride - Honda Blade 110 adalah salah satu andalan Honda di kategori bebek. Sesuai dengan rencana Honda untuk menginjeksikan semua koleksi motornya, Honda Blade terbaru pun hadir dengan mesin injeksi berikut volume mesin yang ditingkatkan menjadi 125 cc.

Review Honda Blade Injeksi 125 

Review Honda Blade Injeksi
Review Honda Blade Injeksi
Meskipun mengusung mesin yang lebih besar, namun tampilan Honda Blade injeksi 2014 boleh dibilang nyaris sama dengan versi lawasnya. Perbedaan Honda Blade Injeksi dengan Blade 110 secara garis besar hanya terletak pada jeroan mesinnya saja. Untuk bagian sasis, rangka yang digunakan juga masih sama dengan Blade versi lama. Sasis ini tetap dipercaya mampu memberikan titik keseimbangan motor dan  performa dengan baik. Terbukti sasis yang sama juga digunakan pada Honda Supra X 125 Injeksi terbaru. Untuk perbedaan lainnya akan dibahas pada bagian akhir tulisan ini.

Melirik mesin Honda Blade FI Injeksi, sebenarnya masih mengadopsi jeroan milik Honda Supra X 125 FI Injeksi. Secara tampilan, Blade 125 FI  memang terlihat lebih sporty ketimbang Supra X 125 FI 2014, karena memang ditujukan untuk  penggemar motor bebek bergaya sporty. Kira-kira, untuk segmen motor ini memang bersaing dengan Yamaha Jupiter Z1 nya. Harga dan speknya pun mirip-mirip. Harga Honda Blade Injeksi 2014 ini dibanderol dengan Rp.15.350.000 atau terpaut hanya Rp.250 ribuan saja dengan Jupiter Z1 yang masih mengusung mesin 115 cc mereka. 

Kecepatan & Uji Performa Honda Blade Injeksi

Kembali ke sektor mesin. Dengan kapasitas yang ditingkatkan, tentunya Honda Blade Injeksi memiliki power yang lebih besar. Berdasarkan pengujian teknis yang dilakukan oleh Astra Honda Motor, konsumsi bahan bakar juga menjadi lebih irit karena pembakaran menjadi lebih sempurna dibandingkan dengan Honda Blade versi karburator.

Sebagai perbandingan kecepatan Honda Blade Injeksi vs Honda Blade Karburator pada trek panjang 200 meter, Blade Injeksi mampu melahapnya dengan waktu 12,6 detik, sedangkan Blade karburator membutuhkan 13,5 detik. Melirik spesifikasi mesinnya, Honda Blade Injeksi mampu menghasilkan power hingga 10,1 hp dengan torsi mencapai 8,15 Nm.

Beralih ke faktor ergonomi, Honda Blade 125 FI termasuk ringan dan lincah. Sangat nyaman diajak berkelok-kelok. Reduksi dari suspensi bekerja sangat baik dan nyaman.

Perbedaan Honda Blade Injeksi vs Honda Blade 110 Lama

Fitur Honda Blade Injeksi
Fitur Honda Blade Injeksi
Seperti yang disebutkan sebelumnya, perbedaan Honda Blade Injeksi vs Honda Blade 110, selain terletak pada mesin injeksi dan kapasitas mesin, ternyata masih ada beberapa perbedaan minor lainnya. Apa sajakah itu?

Fitur Gas Spontan & pengkabelan - jenis kabel gas ganda yang digunakan oleh Honda Blade Injeksi terbaru ini mengusung model push-pull yang dapat membuat puntiran buka-tutup gas menjadi lebih enteng dan pendek. Jenis kabel gas seperti ini memang sudah mulai banyak digunakan pada motor-motor sekarang. Selain itu, letak pengkabelan yang berseliweran di sekitar batok depan juga terlihat lebih rapi dan tersembunyi dibandingkan dengan Honda Blade 110.

Kapasitas Tangki - Ukuran tangki bensin adalah satu dari segelintir perbedaan Honda Blade Injeksi dengan Honda Blade 110 lama. Ukuran tangki bahan bakar Honda Blade Injeksi mampu memuat 4,1 liter bahan bakar, sedangkan Blade 110 lawas hanya 3,7 liter saja.

Desain Headlamp - Melirik tampilan batok lampu depan, bentuk Honda Blade 125 FI terlihat lebih sipit dan memiliki lekukan tajam dan jelas.

Panel Speedometer - Setelah membandingkan keduanya, ternyata tampilan speedometer Honda Blade Injeksi terlihat lebih besar, lengkap dan cantik. Tulisan dan angka-angka yang ditampilkan menggunakan warna tulisan iluminasi biru terang yang terlihat lebih tajam. 

Konsumsi Bahan Bakar Honda Blade Injeksi

Dengan mesin injeksi PGM-FI terbaru dari Honda, sistem pembakaran Honda Blade 125 FI ini mampu melebihi ketiga regulasi standar NoX, HC serta CO yang ditetapkan oleh Euro-3.

Spesifikasi Honda Blade 125 FI Injeksi

Spesifikasi Honda Blade Injeksi
Spesifikasi Honda Blade Injeksi
Bagaimana, tertarik membeli Honda Blade Injeksi?

Demikianlah informasi mengenai Honda Blade Injeksi, Review, Performa, Spesifikasi, Test Ride. Semoga bermanfaat :-)

artikel spekmotor lainnya mengenai:

No comments:

Post a Comment